3 Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan

Posted on

Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan – Kuningan, Jawa Barat, menaruh potensi wisata alam yang melimpah. Hadirnya Gunung Ciremai di daerah itu jadi satu diantara pemicunya yang menghidangkan bermacam kecantikan alam di sekitarnya. Yaitu Lembah Cilengkrang, yang saat ini jadi primadona wisata alam di Kuningan. Di lembah ini pengunjung dapat rasakan sensasi petualangan nan alami.

Lembah Cilengkrang adalah tempat wisata yang dikelola oleh Grup Tani Rimba (KTH) Desa Pajambon. Luas lahannya meraih 20 km. persegi terdapat di desa Pejambon, kecamatan Kramatmulya, kabupaten Kuningan. Tempat wisata ini termasuk juga satu diantara lokasi wisata alam rimba hujan tropis Ciremai.

Di lokasi wisata Lembah Cilengkrang ada tiga wisata sebagai daya tarik untuk beberapa pengunjung salah satunya seperti berikut.

1. Curug Lembah Cilengkrang

Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan
Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan

Curug sebagai daya tarik di Lembah Cilengkrang yakni Curug Sabuk. Curug ini mempunyai ketinggian lebih kurang 30 mtr.. Air curug ini sesungguhnya dingin, tetapi uniknya bila air telah mengalir di sela-sela bebatuan sungai dibawah curug jadi bakal beralih jadi hangat. Apabila menginginkan lihat keindahan pelangi dengan cara segera serta dekat, pengunjung dapat datang ke tempat curug Sabuk ini pagi-pagi.

Pada musim kemarau, curug yang ada di Lembah Cilengkrang bakal jadi favorite beberapa pengunjung. Tetapi pada musim hujan, pengunjung dilarang bertandang ke tempat curug. Hal itu lantaran di kuatirkan ada pohon rubuh atau batu yang meluncur ke bawah serta ditakutkan bakal melukai pengunjung.

Baca juga : Wisata Curug Sidomba Di Kuningan Yang Asri

Terkecuali Curug Sabuk, ada pula satu curug yang dimaksud Curug Sawer. Curug ini mempunyai ketinggian lebih kurang 75 mtr.. Tempat Curug Sawer ini yaitu diatas Curug Sabuk. Untuk meraihnya tak gampang lantaran mesti mendaki jalan yang disebut aliran sungai, hingga pengunjung mesti ekstra hati-hati.

2. Pemandian Air Panas

Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan
Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan

Di pemandian air panas Lembah Cilengkrang, pengunjung dapat rasakan sensasi berendam air panas alami di dalam rimba sembari nikmati keindahan alam yang menakjubkan. Pemandian ini terbagi dalam sebagian kolam memiliki ukuran tengah dengan kedalaman tak kian lebih 100 sentimeter. Airnya bersumber dari mata air panas alami curug yang ada di dekat kolam itu. Air itu diakui bermanfaat untuk kesehatan kulit serta kesehatan badan.

Baca juga : Tempat Wisata Curug Bangkong Di Kuningan

3. Kopi Gede

Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan
Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan

Kopi Gede adalah satu lokasi hutan yang pas untuk mencari ketenangan serta menyingkirkan rasa capek, lantaran pemandangan alamnya yang indah serta asri. Di lokasi ini pengunjung dapat bersantai ria berbarengan rekan atau keluarga atau terkasih.

Sebagian sarana yang disiapkan dengan support Taman Nasional Gunung Ciremai atau pemerintah daerah salah satunya penyediaan tempat penginapan, tempat tinggal makan, serta pusat oleh-oleh di dekat object wisata. Sesaat untuk ticket masuk lembah Cilengkrang ini, pengunjung bisa membayar tarif sebesar Rp. 10. 000/orang.

Untuk hingga di Lembah Cilengkrang, dapat memakai sebagian rute. Dari Terminal Cirendang lewat desa Ragawacana, dapat memakai angkutan umum serta dapat pula memakai layanan ojeg. Untuk pengunjung yang datangnya dari arah Cirebon, dapat segera belok kanan dari Pasar Kalapa Gunung menuju arah desa Pajambon yang jaraknya lebih kurang dua km.. Sesudah ada di Desa Pajambon, dapat meneruskan perjalanan ke tempat wisata Kopi Gede, setelah itu ke Curug Sabuk yang jaraknya 600 mtr., melewati sungai Cilengkrang menuju Curug Sawer.

Jalan menuju tempat telah termasuk baik, hingga kendaraan dapat masuk hingga pintu gerbang lokasi rimba Pejambon yang disebut lokasi Taman Nasional Gunung Ciremai. Dari sini akses jalan menuju Lembah Cilengkrang lumayan menantang. Tetapi hawa sejuk serta panorama pohon-pohon raksasa di selama jalan dapat bikin rasa lelah pengunjung terobati.

Baca juga : Wisata Open Space Gallery Di Kuningan

Tersebut sepintas tentang tempat wisata Lembah Cilengkrang. Pastinya Anda penasaran dengan tempat ini. Yuk! ajak keluarga, rekan, atau siapa saja yang menginginkan Anda ajak untuk dapat nikmati keindahan alam serta sejuknya hawa di Lembah Cilengkrang.

Selamat liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.