Wisata Bukit Jamur Di Gresik Keunikan Bebatuan Berupa Jamur

Posted on

Bukit Jamur Gresik Jawa Timur – Wisata Alam Ini Cukup Unik serta Mungkin saja Cuma Ada Satu di Indonesia Terkecuali populer dengan kota industri serta kota religi, Kota Gresik juga menaruh sebagian potensi wisata satu diantaranya Bukit Jamur. Bukit Jamur terdapat di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Bukit Jamur sesungguhnya yaitu bukit batu kapur. Lantaran ada momen alam berbentuk pengikisan oleh angin, lama kelamaan bukit ini membuat mirip jamur. Oleh karenanya bukit itu diberi nama Bukit Jamur.

Wisata Bukit Jamur Di Gresik
Wisata Bukit Jamur Di Gresik

Pada intinya Bukit Jamur ini seperti bukit biasanya, cuma saja tidak seperti bukit yang umum Anda jumpai di kota-kota lain, bukit di Bukit Jamur ini berupa serupa ‘jamur’ dengan sisi bawah yang kecil dibarengi tudung berupa melebar. Bukit Jamur adalah fenomena alam yang umum dimaksud Mushroom Rock, yakni fenomena di mana batu terkikis oleh angin yang bakal membawa serta buang material-material kecil dari batu itu. Lantaran sisi atas batu lebih kuat serta padat dibanding sisi bawahnya jadi sisi bawah batu semakin lebih cepat terkikis hingga membuat satu batu yang serupa dengan jamur.

Wisata Bukit Jamur Di Gresik
Wisata Bukit Jamur Di Gresik

Baca juga : 8 Tujuan Wisata Menarik Di Surabaya Perlu Anda Ketahui

Bukit Jamur Gresik dulunya adalah tempat sisa proyek penggalian atau penambangan kapur yang telah tak beroperasi lagi. Ada sekitaran 40 batu jamur di tempat dengan luas sekitaran 3 hektar itu. Tinggi batuan jamur beragam, dari mulai 2 mtr. serta puncak tertinggi dari bukit itu sekitaran 7 mtr.. Tempat ini begitu pas buat kita yang menginginkan refreshing. Untuk beberapa penggemar photography, Bukit Jamur dapat jadikan satu diantara tempat yang pas untuk berburu atau hunting foto di Kota Gresik.

Wisata Bukit Jamur Di Gresik
Wisata Bukit Jamur Di Gresik

Bukit Jamur di Gresik ini memanglah dapat dibuktikan unik, terkecuali memiliki bentuk yang serupa dengan jamur, Bukit Jamur ini dapat dikelilingi bukit kapur serta sawah. Dengan bentuk batu yang unik seperti jamur itu, Bukit Jamur ini jadi tempat yang menarik dan unik untuk orang-orang sekitaran. Bahkan juga, Bukit Jamur ini sudah mengambil alih perhatian beberapa orang, dapat dibuktikan dengan semakin banyak pengunjung setiap minggunya untuk lihat serta nikmati pesona serta keindahan tersembunyi Bukit Jamur itu.

Wisata Bukit Jamur Di Gresik
Wisata Bukit Jamur Di Gresik

Baca juga : 15 Tempat Wisata Paling Menarik di Sidoarjo Jawa Timur

Memanglah tidak banyak yang dapat Anda kerjakan disana terkecuali menaiki setiap bukit serta berfoto di sekelilingnya. Lantaran disana cuacanya cukup panas, banyak masyarakat setempat yang menyewakan payung dengan tarif Rp 3. 000 atau Rp 5. 000, bergantung dari ukuran payung. Untuk berkunjung ke obyek wisata unik ini, Anda tak dikenai ticket atau karcis masuk. Anda cuma butuh membayar cost parkir. Untuk sepeda motor dikenai parkir seharga Rp 3. 000, sedang kendaraan roda empat seperti mobil dikenai tarif Rp 5. 000.

Wisata Bukit Jamur Di Gresik
Wisata Bukit Jamur Di Gresik

Sayangnya, Bukit Jamur Gresik cuma di buka untuk umum sehari-hari Minggu. Oleh karenanya, untuk Anda yang berencana untuk pergi kesana harus bersabar menunggu sampai akhir minggu. Anda juga butuh membawa bekal sendiri seperti makanan atau keperluan yang lain, sebab di sekitaran ruang Bukit Jamur Gresik tak ada pertokoan atau sarana umum.

Wisata Bukit Jamur Di Gresik
Wisata Bukit Jamur Di Gresik

Langkah menuju Bukit Jamur dari kota Surabaya, Anda dapat ambillah arah menuju perumahan Gresik Kota Baru, sesudah masuk perumahan selalu saja hingga keluar perumahan GKB, setelah tiba ujung belok kiri ke jalan raya lanjut hingga ketemu jembatan Sembayat, lurus selalu kelak ketemu pertigaan dusun Dukun tetaplah lurus. Sekitaran 300m samping kiri dari pertigaan tadi Anda bakal menjumpai lokasi perumahan serta tambang kapur, jalannya kapur, serta ada portalnya, serta tersebut pintu masuknya.

Baca juga : Rute Dan Harga Tiket Pantai Delegan Di Kabupaten Gresik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.