5 Wisata Curug di Kecamatan Peundeuy Garut Selatan

Posted on

Wisata Curug di Kecamatan Peundeuy Garut Selatan – Bicara obyek wisata di Garut seperti tidak ada habis-habisnya, kabupaten kecil di Jawa Barat yang di kenal sebagai penghasil dodol ini menaruh potensi wisata alam yang mengagumkan. Dari ujung utara sampai selatan, terdapat beberapa obyek wisata yang tidak bisa ditinggalkan.

Faktor alamnya yang berbukit bikin Garut kaya obyek wisata alam berbentuk pegunungan serta air terjun. Terkecuali wisata Curug Orok serta Sanghyang Taraje yang telah popular di kelompok wisatawan, nyatanya di Garut Selatan masihlah menaruh sebagian curug menawan, sebut saja Curug Nyogong di Kecamatan Cihurip serta Curug Ngebul di Kecamatan Banjarwangi.

Tak diduga, Kecamatan Peundeuy yang berada di ujung selatan Kabupaten Garut nyatanya mempunyai wisata air terjun yang menakjubkan. Terlebih dulu Kecamatan Peundeuy di kenal sebagai penghasil batu akik di Garut, yaitu batu akik Cikolak.

Nah, pada saat ini saya bakal berbagi tempat wisata curug di Kecamatan Peundeuy yang tidak kalah menarik dari air terjun yang lain di Garut.

1. Curug Cisarua atau Curug Batu Nyusun

Curug Cisarua atau Curug Batu Nyusun
Curug Cisarua atau Curug Batu Nyusun

Curug Cisarua atau di kenal juga dengan nama Curug Batu Nyusun terdapat di Kampung Pencut, Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Curug Batu Nyusun mempunyai kekhasan sendiri yang membuatnya tidak sama dari curug lain.

Baca juga : Candi Cangkuang Tempat Wisata Sejarah Di Garut

Dinding Curug Batu Nyusun berbentuk batu yang tersusun rapi, panorama seperti in bisa disaksikan pada musim kemarau lantaran debet airnya begitu kecil. Apabila di musim hujan, susunan batu di tebing curug bakal tertutup oleh air yang mengalir deras.

2. Curug Koncrang

Curug Koncrang
Curug Koncrang

Curug Koncrang yaitu salasatu curug yang ada di Kecamatan Peundeuy, tepatnya di Kp. Pencut Ds. Pangrumasan Kec. Peundeuy. Curug Koncrang ini mempunyai 3 jatuhan, untuk jatuhan pertama serta ke-2 tidaklah terlalu tinggi, mungkin saja tingginya sekitaran 5-6m, tetapi ke-2 jatuhan ini mempunyai kubangan yang begitu dalam terlebih kubangan yang pertama, serta untuk jatuhan yang ketiga ini tingginya sekitaran 9-10 m.

Curug koncrang juga digunakan sebagai sumber air oleh warga sekitaran, jadi tak heran bila di curug ini banyak selang atau pipa untuk mengalirkan air ke beberapa tempat tinggal warga.

3. Curug Kiansantang

Curug Kiansantang
Curug Kiansantang

Baca juga : Sunset di Pantai Puncak Guha Garut Yang Mempesona

Curug Kiansantang berada di Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut. Curug ini cukup besar hingga tak dianjurkan untuk mandi dibawah aliran air terjun. Percikan air yang tentang badan bakal merasa beri kesegaran, belum lagi udara dingin di sekitaran curug serta panorama hijau yang bikin fikiran kita kembali fresh.

4. Curug Ermat

Curug Ermat
Curug Ermat

Curug Ermat berada di Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemandangn curug ini begitu mengagumkan serta bakal bikin Anda berdecak mengagumi akan waktu memandangnya dari jarak dekat.

5. Curug Salawe

Curug Salawe
Curug Salawe

Curug Salawe terdapat di Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dalam account instagramnya, pahlevi_andika menulis caption untuk Curug Salawe :

“Semuanya tentang ketentuan.. tiap-tiap peristiwa utama dari sisa hidupmu begitu tergantung pada keputusanmu”

Ke lima curug diatas ada di Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut. Untuk meraih Desa Pangrumasan, dari Terminal Guntur Garut Anda dapat naik elf jurusan Garut – Pangrumasan, atau elf jurusan Garut – Toblong.

Bila membawa kendaraan pribadi, dari perempatan maktal lurus ke arah Bayongbong selalu sampai ke Cikajang. Dari pertigaan Cigugur, belok kiri lurus ke Peundeuy lewat Kecamatan Banjarwangi serta Singajaya. Setiba di ibu kota Kecamatan Peundeuy, Anda dapat ajukan pertanyaan segera ke warga setempat. Warga Garut di kenal ramah, jadi Anda tidak butuh cemas, mereka tentu tunjukkan jalannya.

Tersebut 5 curug eksotis di Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut yang harus dikunjungi waktu musim berlibur. Mudah-mudahan info ini berguna serta bisa memberi rujukan berlibur Anda.

Silahkan bantu berbagi supaya obyek wisata di Garut Selatan makin popular. Terima kasih.

Baca juga : Wisata Kampung Sampireun Garut Panorama Yang Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.