Wisata Curug Sidomba Di Kuningan Yang Asri

Posted on

Wisata Curug Sidomba Di Kuningan Yang Asri – Curug Sidomba adalah object wisata air terjun buatan. Walau demikian, pesona serta keindahan curug ini tak kalah dengan curug alami. Mempunyai ketinggian lebih kurang tiga mtr. dengan air yang cukup jernih, dingin, serta fresh yang bersumber dari mata air Gunung Ciremai. Di lokasi curug ini didominasi oleh pohon-pohon pinus serta sebagian bentuk pohon besar. Hal itu bikin situasi di lokasi curug ini merasa asri, sejuk, serta damai.

Wisata Curug Sidomba Di Kuningan
Wisata Curug Sidomba Di Kuningan

Dinamakan Curug Sidomba lantaran dahulunya tempat ini adalah tempat penggembalaan domba. Dengan cara etimologi, kata curug datang dari bhs Sunda yang bermakna air terjun, sedang kata si domba adalah nama binatang domba atau kambing. Sesuai sama namanya, di depan gerbang curug ini berdiri satu patung besar berbentuk domba.

Wisata Curug Sidomba Di Kuningan
Wisata Curug Sidomba Di Kuningan

Curug Sidomba cuma mempunyai tinggi sekitaran tiga mtr. serta air terjunnya begitu tidak tebal, namun object wisata ini kerap ramai oleh wisatawan. Lantas mengapa ramai dikunjungi? Ini lantaran ada keyakinan atau mitos yang berkembang kalau bila bersihkan muka di curug ini jadi bakal dimudahkan dalam segalanya atau masalah, baik itu masalah rezeki, jodoh, ataupun hal-hal lain yang tengah dicita-citakan.

Karenanya ada mitos itu, bahkan juga sudah disiapkan kran spesial untuk wisatawan untuk membersihkan muka. Air curug itu tak demikian saja segera dipakai untuk membersihkan muka. Tetapi sebelumnya air itu dipakai, terlebih dulu kuncen atau penjaga curug membacakan bacaan-bacaan spesifik. Baru kemudian wisatawan dapat membersihkan muka.

Wisata Curug Sidomba Di Kuningan
Wisata Curug Sidomba Di Kuningan

Terkecuali berkaitan mitos, tempat curug yang ada di kaki Gunung Ciremai serta keadaan alamnya yang indah juga jadi argumen mengapa Curug Sidomba ramai dikunjungi. Bahkan juga lokasi wisata ini kerap jadikan sebagai ruang perkemahan oleh beberapa pelajar atau mahasiswa.

Di curug ini hidup beragam type ikan seperti ikan mas serta kancra bodas. Konon tuturnya yang menarik dari ikan kancra bodas yaitu tak dapat di tangkap. Saat airnya dikuras ikan-ikan itu (tuturnya) menghilang demikian saja. Wisatawan juga tak diijinkan berikan makan atau memancing ikan di lokasi curug ini lantaran diakui bakal ada akibat buruknya.

Baca juga : Tempat Wisata Curug Putri Di Kuningan

Tempat serta Aksesibilitas Curug Sidomba

Curug Sidomba terdapat di object wisata Bumi Perkemahan Sidomba tepatnya di desa Peusing, Jalaksana, Kuningan. Bisa ditempuh sekitaran 30 menit dari kota Kuningan. Akses jalan menuju tempat belum cukup baik. Berbentuk jalan desa yang tidaklah terlalu lebar serta ada tikungan tajam.

Bila wisatawan dari arah kota Cirebon dapat memakai kendaraan umum berbentuk elf atau bus jurusan Kuningan. Lalu berhenti di desa Manis Lor. Disamping itu, bila wisatawan dari arah kota Tasikmalaya atau Cikijing dapat memakai kendaraan umum type elf atau bus jurusan Cirebon lewat terminal Cirendang serta berhenti di desa Manis Lor. Dari desa Manis Lor wisatawan dapat memakai ojek sampai hingga ke lokasi curug.

Wisata Curug Sidomba Di Kuningan
Wisata Curug Sidomba Di Kuningan

Dari tempat ojek berhenti wisatawan mesti meneruskan perjalanan dengan jalan kaki sekitaran 15 mtr.. Tidak sama dengan tempat lain yang umumnya mengharuskan mendaki terlebih dulu untuk lihat tempat curug, di object ini wisatawan mesti melalui turunan yang lumayan curam. Untuk melindungi keamanan, pengelola wisata sudah bikin anak tangga untuk menuju Curug Sidomba.

Sarana Curug Sidomba

Di Curug Sidomba sudah ada beragam sarana penunjang untuk memberi kenyamanan pada wisatawan. Sarana tersebut di antanya gazebo, kolam renang, flying fox, mobil domba, kereta mini, motor ATV, karaoke out door, karaoke box, kolam pancing anak, gedung serba manfaat, live music, koleksi hewan serta ruang bermain anak, kantin serta ruang kamping.

Wisata Curug Sidomba Di Kuningan
Wisata Curug Sidomba Di Kuningan

Di lokasi ini dapat ada Mesjid megah dengan satu menara Asma’ul Husna. Untuk menuju menara bakal lewat tangga dengan jumlah 99 anak tangga. Dari atas menara beberapa wisatawan dapat lihat keindahan alam kaki Gunung Ciremai.

Harga Ticket Masuk Curug Sidomba

Bila tertarik dengan wisata Curug Sidomba tak perlu hawatir dengan harga ticket yang selangit, lantaran keindahan curug ini telah dapat di nikmati cuma dengan Rp. 5. 000/orang untuk dewasa serta Rp. 3. 500/orang untuk anak-anak. Harga ini dapat melonjak tinggi saat musim berlibur seperti libur lebaran atau th. baru.

Baca juga : Wisata Telaga Nilem Mata Air Jernih di Kuningan

Sekianlah penjelasan tentang Curug Sidomba. Cukup menarik bukan? Oleh karena itu, yakinkan object wisata ini jadi satu diantara rujukan berlibur anda setelah itu. Selamat liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.