Wisata Religi Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina Di Surabaya Jawa Timur

Posted on

Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina –  Terkecuali wisata kuliner serta wisata alamnya, rupanya kota Surabaya juga kaya wisata religi. Satu diantara tempat yang dapat di kunjungi dalam wisata religi yaitu Masjid Cheng Ho. Masjid yang kental dengan arsitektur cina ini terdapat di Jalan Gading, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Tempatnya sekitaran 1 km samping utara Balaikota Surabaya serta sekitaran 100 mtr. dari Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina
Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina

Warna merah, kuning serta hijau membalut bangunan yang tampak seperti klenteng. Siapa kira, bangunan ini yaitu masjid. Masjid Cheng Ho, gabungan unik dari China, Timur Tengah serta Jawa. Nama masjid ini adalah bentuk penghormatan pada Cheng Ho, laksamana asal Cina yang beragama Islam. Ia lakukan perjalanan ke lokasi Asia Tenggara dengan mengemban sebagian misi, salah satunya berdagang, merajut persahabatan, dan menebarkan ajaran agama Islam.

Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina
Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina

Baca juga : Harga Ticket Masuk Pantai Ria Kenjeran Surabaya Terbaru

Pembangunan Masjid Cheng Ho atau yang dikenal juga dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya bertepatan dengan Isra’ Miraj Muhammad SAW yaitu pada 15 Oktober 2001. Sistem nya mengonsumsi saat setahun serta baru usai semua bagiannya pada Oktober 2002. Masjid ini didirikan atas prakarsa beberapa sesepuh, penasihat, pengurus Pembina Imam Tauhid Islama (PITI), pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur, dan tokoh orang-orang Tionghoa di Surabaya.

Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina
Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina

Walau kecil untuk ukuran masjid, tetapi Masjid Cheng Ho Surabaya mempunyai banyak rahasia. Bagunan paling utama Masjid Cheng Ho yang memiliki ukuran 11 x 9 mtr., ikuti panjang serta lebar Ka’bah pertama kalinya di bangun oleh Nabi Ibrahim AS yang memiliki ukuran 11 mtr.. Dengan ukuran ini, tiap-tiap orang yang melaksanakan ibadah di masjid ini dapat tingkatkan level kusyuk dalam solatnya, seperti solatnya Nabi Ibrahim. Sesaat ukuran 9 mtr. di ambil dari jumlah wali (Wali Songo) yang melakukan syiar Islam di Pulau Jawa.

Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina
Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina

Ornament atap masjid ini dibuat persegi delapan yang mirip sarang laba-laba. Angka delapan dikira sebagai angka keberuntungan dalam budaya Tionghoa, sedang sarang laba-laba adalah suatu hal yang menyelamatkan Muhammad dari kejaran golongan Quraish. Anak tangga di pintu kanan serta kiri masjid sejumlah 5 serta 6. Angka ini melambangkan rukun Islam serta rukun iman. Pintu masjid di bangun tanpa ada memakai daun pintu, hal semacam ini melambangkan kalau Masjid Cheng Ho Surabaya terbuka untuk siapapun, tanpa ada lihat kelompok.

Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina
Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina

Baca juga : Harga Ticket Masuk Kebun Binatang Surabaya Terbaru

Pintu masuk masjid mirip pagoda, dengan relief naga serta patung singa dari lilin bertuliskan “Allah” dalam huruf Arab dibagian puncak pagoda. Di segi kiri bangunan ada satu beduk yang sering dipakai untuk menandai saat sholat tiba. Kombinasi style Arab serta Tiongkok jadi ciri khas masjid ini. Selebihnya, masjid ini menggabungkan style arsitektur Arab serta Jawa. Sisi atas bangunan yang bertingkat tiga adalah dampak Hindu Jawa.

Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina
Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina

Keseluruhannya, Masjid Cheng Ho bisa menyimpan 200 orang jamaah. Di segi utara Masjid Cheng Hoo ada relief serta tiruan kapal serta muka Laksamana Cheng Ho. Satu diantara pesan yang akan di sampaikan lewat relief ini yaitu supaya umat Islam tetaplah rendah hati dalam melakukan hidup keseharian. Di tempat ini, juga kerap jadi tempat photo beberapa wisatawan. Didalam kompleks masjid ada sekolah TK, lapangan berolahraga, kantor, dan tempat pelatihan bhs Mandarin, serta kantin. Hingga Anda, terutama orang-orang yang tinggal di sekitaran masjid, bisa rasakan faedah kian lebih tempat ini.

Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina
Masjid Cheng Ho Arsitektur Cina

Masjid Cheng Hoo banyak juga dikunjungi wisatawan dari beragam daerah di Jawa Timur serta Indonesia. Ada yang dari Makassar, Jawa Barat, Jakarta serta beragam daerah yang lain. Banyak pula wisatawan dari mancanegara baik yang muslim ataupun non muslim. Ada dari Malaysia, Arab Saudi, China, selandia Baru, Inggris, Afrika serta yang lain. Terkecuali di kota Surabaya, Masjid Muhammad Cheng Ho ini dapat ada di kota Pasuruan. Tepatnya ada di daerah Pandaan serta di kota Palembang, dengan nama masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho.

Baca juga : Wisata Ciputra Waterpark Surabaya Dan Harga Ticket Masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *