Wisata Sisa Peradaban Kuno di Tugu Gede Cengkuk Sukabumi

Posted on

Tugu Gede Cengkuk Sukabumi – Hai beberapa Zobur Lovers, kesempatan ini saya bakal berbagi zona libur yang begitu menarik untuk Anda kenali. Situs Tugu Gede Cengkuk Sukabumi, situs ini adalah tempat kesibukan peradaban mulai sejak saat prasejarah sampai ke saat histori. Keragaman type serta bentuk peninggalan budaya dari daerah ini di ketahui berdasar pada survey serta penggalian. Tertarik? Mari simak penjelasannya.

Tugu Gede Cengkuk Sukabumi
Tugu Gede Cengkuk Sukabumi

Ada temuan di Situs Tugu Gede yang teridentifikasi, yakni berbentuk alat batu, tembikar, keramik, benda logam, serta monumen batu. Tembikar yang teridentifikasi, yakni kendi, pasu, periuk, cawan, cawan berkaki, tempayan, pedupaan, serta cobek. Keramik yang teridentifikasi, yakni vas, mangkok, guci, botol, piring, serta cepuk. Benda logam yang teridentifikasi, yakni bandul, genta, serta kaki wadah. Alat batu yang teridentifikasi, yakni beliung, batu giling, lumpang batu, pipisan, mata tumbak, serta alat serut. Sedang monumen batu yang teridentifikasi, dolmen, yakni batu jolang, serta menhir.

Tugu Gede Cengkuk Sukabumi
Tugu Gede Cengkuk Sukabumi

Di Tugu Gede Cengkuk satu diantara peninggalan kebudayaan prasejarah di Indonesia yang berusia sekitaran beberapa ratus th. waktu lalu diketemukan. Dari sini terlihat kehebatan peradaban di Sukabumi jaman itu. Bila Anda menginginkan datang ke wisata prasejarah, jadi wisata Sukabumi yang satu ini begitu direferensikan.

Situs Tugu Gede Cengkuk sudah di akui Pemerintah Sukabumi serta Jawa Barat. Tempat ini disadari sebagai situs purbakala. Kelebihan tempat ini berbentuk peninggalan prasejarah berbentuk batu tugu yang berperan sebagai tempat peribadatan, lalu batu dakon yang berperan sebagai tempat sesajen, penghitungan saat panen raya, serta sebagai tempat penyembuhan.

Baca juga : Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cisolok Di Sukabumi

Ada batu duduk serta dolmen juga disini. Batu duduk serta dolmen ini dipakai sebagai tempat bermusyawarah serta atau berkumpul. Batu-batu disana terarah serta terukir dengan baik. Ini jadi bukti riil kalau hasil karya ukiran tangan manusia saat itu, telah hebat. System hidup serta tehnologi ditempat ini adalah yang paling tinggi pada jamannya. Diluar itu ada sebagian perlengkapan zaman prasejarah seperti yang sudah dijelaskan terlebih dulu.

Tempat administratif Situs Tugu Gede Cengkuk ada di Kampung Cengkuk, Kelurahan Margalaksana, Kecamatan Cikakak. Tempat astronomis Situs Tugu Gede ada pada koordinat 6°53’45” LS serta 106°30’34” BT.

Tempat wisata prasejarah ini ada di lembah seluas 2 ha. Kontur tanahnya bergelombang. Sekitaran tempat situs masihlah ada tanah yang digunakan sebagai perladangan oleh warga setempat. Pohon-pohon bambu dan tanaman keras cengkih serta durian tumbuh di sekitaran situs.

Tugu Gede Cengkuk Sukabumi
Tugu Gede Cengkuk Sukabumi

Untuk Anda yang bakal bertandang ke Situs Tugu Gede Cengkuk dapat berpatokan pada daerah Sukawayana. Tempat wisata ini sekitaran 12 Km dari Sukawayana yang masihlah masuk dalam kecamatan cikakak. Perjalanan ke arah Situs Tugu Gede Cengkuk, bisa dilewati dengan angkutan roda empat serta atau roda dua. Sepanjang perjalanan mata bakal disajikan dengan hamparan samudera hindia tanpa ada batas.

Baca juga : Wisata Air Terjun ke Curug Luhur Sukabumi Yang Mempesona

Travelling ke Situs Batu Gede Cengkuk, pastinya akan tidak terkesan tanpa ada oleh-oleh. Sepulang dari tempat wisata situs ini, Anda bisa beli oleh-oleh khas dari Kasepuhan Cengkuk berbentuk camilan seperti gula aren, dodol, serta beras merah.

Bagaimana, menarik bukan? Mari luangkan bertandang ke Situs Batu Gede Cengkuk ini.

Selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.