Wisata Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur Kuningan

Posted on

Wisata Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur Kuningan – Kolam Cigugur atau yang lebih di kenal dengan nama Balong Keramat Cigugur adalah satu diantara tempat wisata di Kabupaten Kuningan. Balong ini adalah balong keramat peninggalan Raja Sunda Galuh Pakuan, Prabu Resi Guru Darmasiksa Sanghyang Wisnu yang memerintah pada 1175 – 1297 M. Saat ini balong ini dikelola oleh PDAU kabupaten Kuningan.

Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur
Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur

Kenapa orang-orang berasumsi Balong Cigugur sebagai balong keramat? Satu diantara argumennya yaitu lantaran kehadiran Ikan Kancra Bodas atau Ikan Dewa di Balong Cigugur. Pengeramatan itu dikerjakan oleh orang-orang pada ikan semacam yang hidup di kolam Darmaloka, Cibulan, Linggarjati, serta Pasawahan. Maksud pengkeramatan pada ikan langka itu tak lain mempunyai tujuan untuk melindungi serta melestarikannya dari kepunahan akibat tingkah manusia.

Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur
Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur

Baca juga : Wisata Open Space Gallery Di Kuningan

Lepas dari maksud untuk melestarikannya, Ikan Dewa memanglah mempunyai mitos sendiri tentang asal usulnya. Orang-orang sekitaran meyakini kalau Ikan Dewa yaitu jelmaan dari prajurit-prajurit yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi. Ikan Dewa tidak sering didapati di daerah lain. Lantaran keberadaannya yang langka dan di keramatkan oleh orang-orang sekitaran, ikan ini tak pernah di ganggu terlebih di pancing untuk dikonsumsi. Orang-orang yakini orang yang konsumsi ikan dewa bakal celaka. Karenanya ada mitos itu, jadi kelestarian dari Ikan Dewa atau Kancra Bodas ini terbangun serta jadi daya tarik wisata di Kabupaten Kuningan.

Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur
Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur

Ikan Dewa adalah type ikan yang akrab dengan manusia. Bahkan juga pengunjung disiapkan kolam spesial untuk berenang berbarengan Ikan Dewa itu. Ada hal yang bikin orang-orang terasa aneh pada kehadiran Ikan Dewa. Jumlahnya dari th. ke th. tidak pernah menyusut atau jadi tambah. Ikan itu seakan-akan tak pernah mati atau berkembang biak. Ikan type ini juga cuma dapat diketemukan di balong-balong keramat yang ada di kabupaten Kuningan.

Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur
Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur

Baca juga : Tempat Wisata Curug Bangkong Di Kuningan

Keanehan yang lain tampak waktu balong dibikin bersih jadi ikan itu bakal menghilang. Orang-orang yakin kalau ikan-ikan itu beralih tempat ke balong lain yang ada di Kuningan. Ikan Dewa ini dipercaya oleh orang-orang mempunyai alur dibawah tanah untuk beralih dari Balong Keramat yang satu ke Balong Keramat yang lain.

Tempat wisata Balong keramat Cigugur tawarkan wisata yang unik yakni pengunjung bakal dimanjakan dengan therapy ikan yang diperlengkapi hawa sejuk khas pegununggan serta keindahan alamnya. Ikan yang dipakai untuk therapy yaitu Ikan Nilem Mangut (Osteochilus hasseltii).

Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur
Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur

Ikan Nilem Mangut ini memiliki keunggulan yang membuatnya pas dipakai untuk therapy Mulutnya ditutupi lipatan kulit lunak, tak bergigi, berumbai yang berbentuk otot elastis yang bermanfaat untuk mengisap benda/makanan atau kulit mati. Ikan type ini berbentuk herbivora yakni pemakan dedaunan, tak galak serta dapat bersahabat dengan manusia. Banyak faedah dari therapy ikan ini, sebagian salah satunya yaitu mengonsumsi sel kulit mati atau kering, memperlancar peredaran darah pada badan, untuk kecantikan kulit, menyingkirkan pegal-pegal, kurangi stress (relaksasi), dan lain-lain.

Waktu pengunjung memasukan kaki kedalam kolam, pengunjung bakal rasakan sensani dinginnya air kolam serta pengunjung mesti siap-siap tertawa lantaran geli dikerubungi serta digigigt ikan-ikan Nilem kecil. Awal mulanya bakal merasa sedikit perih namun makin lama bakal keasyikan menikmatinya.

Baca juga : 3 Wisata Alam Lembah Cilengkrang Di Kuningan

Pengunjung tidak butuh cemas lantaran semua ruang balong sudah diperlengkapi dengan besi pengaman dan tempat duduk untuk therapy. Di sekitar balong juga ada atap untuk berteduh, jadi baik keadaan tengah hujan ataupun panas pengunjung dapat terasa nyaman. Untuk masuk ke tempat wisata Balong Keramat Cigugur ini cuma butuh beli ticket masuk seharga Rp. 7000/orang.

Sekian penjelasan tentang Balong Keramat Cigugur, mudah-mudahan berguna. Selamat liburan

One thought on “Wisata Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.