20 Tempat Wisata Wonosobo Yang Unik Dan Terkenal

Posted on

Wisata Wonosobo – Kabupaten Wonosobo masuk dalam propinsi Jawa Tengah. Wonosobo begitu populer dengan tempat wisatanya yang begitu indah serta jadi satu diantara incaran wisatawan yang menginginkan nikmati saat berlibur mereka.

Satu diantara lokasi wisata wonosobo yang terserang yaitu wisata Dieng. Terlebih dulu telah admin berikan sekurang-kurangnya ada 20 Tempat Wisata Dieng Paling Popular serta Favorite Wisatawan, nah, bila anda cuma menginginkan nikmati berlibur di Dieng silakan anda simak artikel itu.

20 Tempat Wisata Wonosobo Yang Unik Dan Terkenal
20 Tempat Wisata Wonosobo Yang Unik Dan Terkenal

Bila kesempatan ini wisata-tanahair.com bakal mengajak anda berkeliling ke Wonosobo, mengapa kok yang obyek wisata di Wonosobo lebih sedikit dari pada Dieng? Lantaran tak semuanya tempat wisata Dieng kami bahas kembali ke uraian kesempatan ini.

Di bawah ini 20 salah satunya, silakan kunjungi semua bila anda telah ada di Wonosobo :

1. Wisata Wonosobo Air Terjun Sikarim

Wisata Wonosobo Air Terjun Sikarim
Wisata Wonosobo Air Terjun Sikarim

Kunjungi juga : 10 Tempat Wisata di Purwokerto Yang Menarik Dan Populer

Tempat wisata Wonosobo yang pertama yaitu air terjun Sakirin, air terjun ini tempatnya tak jauh dari telaga menjer, kelak bakal kami terangkan juga tentang telaga menjer.

Curug ini letaknya ada di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Memanglah, untuk meraih air terjun ini memerlukan perjuangan ekstra, lantaran kita mesti menyusuri rimba dengan jalan kaki.

Curug ini masihlah begitu terbangun keasriannya hingga begitu layak kita untuk jadikan destinasi berlibur waktu bertandang ke Wonosobo.

2. Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi

Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi
Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi

Wisata Wonosobo Kebun Teh TambiWIsata Wonosobo yang setelah itu yaitu satu AgrowisataTambi. Anda dapat nikmati sejuknya hawa yang bersih, jauh dari polusi serta kebisingan. Selama mata melihat hamparan kebun teh yang menghijau bikin situasi hati jadi tentram.

Tempat agrowisata ini ada di kecamatan garung, tepatnya di jalan arah menuju dieng. Bukan sekedar menyuguhkan panorama perkebunan teh, disana anda dapat juga berwisata industri dengan berkunjung ke pabrik teh tambi serta dapat lihat sistem pemrosesan pembuatan teh tambi.

Untuk wisata alam, Wonosobo mempunyai Agro Wisata Tambi yang terhampar luas di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian 1. 200 – 2. 000 mtr. diatas permukaan laut. Suhu hawa rata-rata minimum 15 derajat C, serta suhu optimal 24 derajat C.

Di sini ada banyak arena berlibur seperti sarana pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, kebun, serta parik teh. ”Agrowisata Tambi jadi pilihan untuk wisatawan untuk rekreasi. Wisatawan yang menginginkan ke Gunung Dieng, menginapnya di Agrowisata Tambi. Kebetulan jaraknya tidaklah terlalu jauh, ” kata Bambang, pengelola agrowisata Tambi.

3. Wisata Wonosobo Telaga Menjer

Wisata Wonosobo Telaga Menjer
Wisata Wonosobo Telaga Menjer

Nah, ini dia tempat wisata telaga Menjer yang perlu kita input dalam daftar bila bakal liburan ke Wonosobo.

Telaga ini sendiri sesungguhnya terbentuk sebagai akibat letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Dulunya air di telaga itu hanya dari sebagian mata air kecil di sekitaran telaga serta memercayakan curah hujan yang cukup tinggi didaerah ini.

Alamat : desa Maron, kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Di sini anda dapat berkeliling waduk dengan menyewa perahu Rp. 15. 000 serta anda telah dapat berkeliling danau sembari nikmati panorama di sekelilingnya. Apabila anda hoby meancing, tempat ini dapat kerap di datengin pemancing dari lokal ataupun luar.

4. Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang

Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang
Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang

Tempat wisata setelah itu yaitu Waduk Wadaslintang sebagai waduk paling besar di Asia Tenggara.

Tak tanggung-tanggung, waduk ini mempunyai luas sekitaran 3. 000 ha. Terdapat di lokasi perbatasan, yakni Kabupaten Kebumen serta Wonosobo.

Waduk ini digunakan sebagai tempat wisata yang menarik untuk kita kunjungi waktu liburan ke Wonosobo.

Waduk yang mempunyai banyak manfaat ini, salah satunya sebagai pembangkit listrik, irigasi serta transportasi air serta budidaya ikan nila, jadi tempat wisata yang cukup menarik, kita dapat nikmati indahny waduk dari perahu.

5. Wisata Wonosobo Arum Jeram Serayu

Wisata Wonosobo Arum Jeram Serayu
Wisata Wonosobo Arum Jeram Serayu

Anda sukai aktivitas yang menantang? Bagaimana bila arung jeram? Anda dapat menguji adrenali di Sungai Serayu.

Arung jeram ini makin popular serta disukai oleh anak muda yang menginginkan menguji adrenalinnya untuk mengalahkan keganasan sungai serayu.

Sungai ini sendiri ada di Kabupaten Wonosobo – Banjarnegara, Jawa Tengah kurang lebih 2, 5 jam perjalanan dari Jogjakarta dengan melalui lereng Gunung Sindoro-Sumbing yang menghidangkan kesejukan serta pemandangan alam pegunungan.

Sungai ini ada pada ketinggian 500 mtr. (dpl) begitu gampang dijangkau lantaran terdapat di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Wonosobo serta Banjarnegara tepatnya berdekatan dengan jalan raya Tunggoro-Singomerto. Tentang tingkat kesusahan Arung Jeram Serayu di Kabupaten Wonosobo ini beragam, dari mulai grade dua hingga grade empat dengan jumlah jeram sejumlah 30 jeram. Tetapi, untuk peminat arung jeram yang telah punya kebiasaan berarung jeram serta profesional mengatur perahu, semakin tinggi tingkat kesulitannya malah semakin mengasyikkan serta menarik.

6. Wisata Wonosobo Pemandian Air Panas Kalianget

Wisata Wonosobo Pemandian Air Panas Kalianget
Wisata Wonosobo Pemandian Air Panas Kalianget

Tempat wisata Wonosobo yang setelah itu yaitu pemandian air panas. Nama tempatnya kalianget. Tempat pemandian Kalianget, ada di di Jalan Dieng Km. 3, Kalianget, Wonosobo.

Taman rekreasi serta olah raga yang ada dalam satu kompleks, dengan sarana yang ada sekarang ini kolam renang, lapangan tenis, lapangan bola, taman bermain, rimba kota serta pemandian air panas.

7. Wisata Wonosobo Curug Winong

Wisata Wonosobo Curug Winong
Wisata Wonosobo Curug Winong

Baca juga : 18 Tempat Wisata Populer di Cirebon yang Menarik untuk Dikunjungi

Satu lagi ari terjun di Wonosobo yang layak anda untuk jadikan destinasi wisata yakni curug winong. Tempatnya ada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, lebih kurang sekitaran 50 menit perjalanan dari pusat kota Wonosobo menuju ke arah selatan melalui jalur Wonosobo, Selomerto, Balaikambang, Winongsari serta Curug Winong.

Untuk dapat nikmati cipratan air curug winong ini, dari loket pembelian tiket anda mesti jalan sebagian ratus mtr. melalui jalan setapak sampai meraih tempat curug.

8. Wisata Wonosobo Telaga Warna

Wisata Wonosobo Telaga Warna
Wisata Wonosobo Telaga Warna

Siapa yg tidak kenal dengan telaga warna. Telaga warna sebagai satu diantara obyek wisata Dieng ini telah populer hingga ke mancanegara.

Telaga ini jadi ikon wisata Wonosobo, kususnya Dieng. Bila menurut legendanya, warna yang nampak di permukaan telaga itu lantaran jaman jaman dulu ada cincin punya bangsawan yang jatuh kedalam telaga itu. Dengan cara ilmiah, warna yang tidak sama dari telaga itu lantaran ada pembiasan sinar pada endapan belerang di basic telaga.

Dominasi warna dari telaga ini yaitu hijau, biru laut serta putih kekuningan. Bila menginginkan lihat keindahan warna dari telaga, Anda bisa mendaki ke puncak bukit yang melingkari telaga itu. Di daerah tepian telaga, ada balkon yang bisa dipakai untuk duduk bersantai nikmati keindahan telaga ini.

9. Wisata Wonosobo Bukit Sikunir

Wisata Wonosobo Bukit Sikunir
Wisata Wonosobo Bukit Sikunir

Satu diantara tempat wisata di Wonosobo yang popular serta disukai oleh anak-anak muda yaitu bukit Sikunir. Bukit ini jadi maksud wisata anak-anak muda yang menginginkan nikmati indahnya sunrise dari atas awan.

Tempat bukit ini ada di di Desa Sembungan yang disebut desa paling tinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir ada pada ketinggian 2. 200 mdpl. Diberi nama bukit Sikunir lantaran bukit ini banyak bikin wisatawan ketagihan berburu sunrise. Warna cahaya matahari yang kekuningan seperti kunir bikin orang-orang setempat menamainya sikunir. Kunir yaitu bhs Jawa dari kunyit.

10. Wisata Wonosobo Sumur Jalatunda

Wisata Wonosobo Sumur Jalatunda
Wisata Wonosobo Sumur Jalatunda

Bila anda telah ada di Lokasi Wisata Dieng, jangan pernah tak singgah ke sumur Jalatunda berada di Desa Pekasiran. Tempatnya cuma berjarak sekitaran 12 km di samping barat tempat paling utama wisata Dieng.

Sumur Jalatunda ini dulunya yaitu satu ceruk rekahan kawah yang lalu tergenangi oleh air dengan diameter 90 mtr. serta kedalaman kian lebih 200 mtr.. Lantaran air yang menggenang ini ceruk itu terlihat seperti sumur.

11. Wisata Wonosobo Kawah di Dieng

Wisata Wonosobo Kawah di Dieng
Wisata Wonosobo Kawah di Dieng

Lokasi wisata dieng populer dengan kawahnya yang indah, terdapat beberapa kawah yang dapat anda kunjungi, salah satunya yaitu Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, serta Kawah Sileri yang masihlah aktif.

Kawah Sikidang yaitu satu diantara kawah yang jadikan andalan obyek wisata di Dieng serta berada di lokasi Dieng timur. Panorama di sekitaran kawah ini begitu indah, kombinasi hamparan bukit hijau serta tanah kapur di sekitaran tanah kawah.

Dinamakan Sikidang lantaran kolam magma di kawah ini kerap berpindah-pindah seperti Kidang (bhs Jawa untuk hewan Kijang). Gejolak magma di kawah ini dapat cukup tinggi, pada 1/2 sampai satu mtr..

Kawah Sileri adalah satu diantara kawah paling besar di dataran tinggi Dieng dengan luas sekitaran 4 hektar. Anda bisa meraih kawah ini dengan perjalanan sejauh 7 km dari lokasi wisata paling utama Dieng.

Kawah Sileri masihlah masih keluarkan asap putih. Dinamakan Sileri lantaran warna air kawah ini putih serta aromanya seperti air sisa membersihkan beras (dalam bhs Jawa dimaksud leri).

Sedang Kawah Candradimuka yaitu kawah yang populer didalam narasi legenda pewayangan. Dalam legenda dikisahkan, kawah ini yaitu tempat dimana Gatotkaca dijedi (dimandikan dalam bhs Jawa) hingga mempunyai kesaktian yang mengagumkan. Letak kawah ini lebih kurang 6 km dari pusat wisata Dieng.

12. Wisata Wonosobo Telaga Cebong Dieng

Wisata Wonosobo Telaga Cebong Dieng
Wisata Wonosobo Telaga Cebong Dieng

Telaga cebong? Apa didalam telaga ini berisi cebong semuanya ya? Sudah pasti tak, telaga yang ada di Desa Sembungan, yang disebut desa paling tinggi di jawa Tengah ini dapat jadi satu diantara maksud wisata favorif di Wonosobo.

Sesudah kita nikmati keindahan puncak Sikunir, nah saat pulangnya tak ada kelirunya bila kita singgah di Telaga ini.

Di sini anda bisa nikmati keindahan alam berbentuk telaga alam yang di sekelilingnya ada bebrapa tempat pertanian punyai masyarakat hingga memberi keindahan Telaga Cebong ini. Dengan letaknya yang di atas 2300 m dpl, jadi banyak yang menyampaikan kalau Telaga Cebong ini adalah telaga di atas awan.

13. Wisata Wonosobo Curug Sirawe

Wisata Wonosobo Curug Sirawe
Wisata Wonosobo Curug Sirawe

Wonosobo masihlah mempunyai curug nan elok untuk kita kunjungi, yakni curug Sirawe. Curug yang ada di di Dukuh Bitingan, Desa Kepakisan, dengan ketinggian air 70 m, di aliran Sungai Rawe, diraih dengan melalui jalan setapak menyusuri rimba.

Memanglah, kita perlu perjuangan untuk menuju curug ini, tetapi sesudah kita hingga ke tempat, rasa capek smeua bakal pupus. Terlebih kita dapat mandi sepuasnya di sini. Tentu seru basah-basahan disi

14. Gardu Pandang Dieng Wonosobo

Gardu Pandang Dieng Wonosobo
Gardu Pandang Dieng Wonosobo

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Kebumen yang Sangat Menarik

Terkecuali bukit Sikunir, kita dapat juga nikmati keindahan Sunrise di gardu Pandang.

Di sini anda dapat nikmati keindahan matahari terbit, anda bakal terasa tengah ada sejajar dengan matahari, lantaran anda ada diatas awan. Wowo, pengalaman yang begitu mengagumkan pastinya.

Untuk meraih gardu pandang ini, anda mesti meniti 17 km dari Wonosobo, untuk lihat panorma matahari terbit (Golden Sunrise), pedesaan, Sungai Serayu serta perbukitan.

16. Wisata Wonosobo Goa Jaran

Wisata Wonosobo Goa Jaran
Wisata Wonosobo Goa Jaran

Goa jaran jadi satu diantara wisata alam di Wonosobo yang dapat anda kunjungi. Gua jaran atau dalam bhs Indonesianya gua kuda ini ada di kawawan dataran tinggi dieng yang mempunyai kekhasan lantaran bentuk mulut goa ini seperti kuda.

Goa ini diakui mempunyai aura mistis yang kuat, hal semacam ini tampak dari banyak pengunjung ke sana untuk mencari wangsit serta bertapa. Tetapi, untuk Anda yang hoby photo, tempat ini begitu menjanjikan sebagai tempat yang memberi pesona bentukan alam yang menarik.

17. Wisata Wonosobo Lobang Sewu

Wisata Wonosobo Lobang Sewu
Wisata Wonosobo Lobang Sewu

Lobuang sewu adalah tempat wisata Wonosobo paling baru. Tempat wisata ini ada di sekitaran lokasi waduk Wadaslintang di Desa Erorejo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tempat wisata paling baru di Wonosobo ini terakhir ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Wonosobo.

Tak tanggung-tanggung, menurut pada Desa Erorejo, Ambar Riyanto, tiap-tiap minggu sekurang-kurangnya sekitaran 10 ribu wisatawan bertandang ke Lobang Sewu.

Untuk nikmati tempat wisata ini, kita cuma membayar tiket Rp. 2000 saja.

18. Wisata Kuliner Wonosobo Mie ongklok

Wisata Kuliner Wonosobo Mie ongklok
Wisata Kuliner Wonosobo Mie ongklok

waktu berlibur di Wonosobo, jangan pernah tak coba kuliner khasnya yakni Mie ongklok.

Mie ini jadi kuliner khas Wonosobo yang populer serta layak untuk kita menjadikan rujukan wisata kulier di Wonosobo.

Tenang, untuk temukan penjual mie ini begitu banyak kok, tinggal tentukan ingin yang di mana.

Umumnya, untuk menamni nikmati mie ongklok ini, ada beragam gorengan serta pangan khas yang lain.

19. Telaga Merdada

Telaga Merdada
Telaga Merdada

Satu lagi tempat wisata Dieng sebagai maksud wisata yg tidak bisa anda terlewat, yakni Telaga Mardala yang ada di Desa Karangtengah.

Destinasi wisata di Dieng berbentuk Telaga ini bila diliat dari memiliki bentuk mirip kaldera sisa letusan Gunung Berapi, yang lalu digenangi dengan air. Kontur ini bakal tampak terang jika diliat dari ketinggian.

20. Pendakian Gunung Prau Wonosobo

Pendakian Gunung Prau Wonosobo
Pendakian Gunung Prau Wonosobo

Anda sukai mendaki? Umumnya untuk mereka yang suka mendaki gunung, gunung prau jadi pilihan.

Gunung ini senantiasa ramai oleh beberapa pendaki, terlebih waktu berlibur datang. Tempat ini senantiasa ramai oleh anak-anak muda yang membangun tenda-tenda.

Jalaur pendakian bisa ditempuh dari Kendal maupun dari Lokasi Dieng. Ketinggian puncak Gunung Prau yaitu 2. 565 mdpl, lumayan pendek di banding dengan gunung yang lain. Satu diantara spot di jalur pendakian Gunung Prau yang populer yaitu bukit teletubbies, di mana di bukit ini ada hamparan padang rumput yang hijau mirip setting serial anak anak teletubbies di tv.

Bagaimana? Anda telah tak sabar lagi menginginkan selekasnya pergi ke Wonosobo? Atau anda yaitu warga Wonosobo namun belum berkunjung ke obyek wisata diatas? Wah rugi sekali rasa-rasanya.

Sekianlah uraian dari wisata-tanahair.com mudah-mudahan dapat jadi tips wisata Wonosobo buat anda serta rekanan atau orang terkasih yang lain,

Baca juga : 40 Tempat Wisata Terkenal di Tegal Jawa Tengah yang Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.