14 Tempat Wisata Tawangmangu Yang Terkenal

Posted on

Wisata Tawangmangu – Tawangmangu adalah nama sebuah kecamatan yang ada di Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini memiliki keistimewaan dibandingkan kecatan lainnya karena memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kecamatan Tawangmangu berada di lereng Gunung Lawu, sehingga udara disini sangat sejuk dan pemandangan sekitar juga sangat asri.

Wisata Tawangmangu menjadi incaran banyak wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara. Meskipun hanya berupa kecamatan kecil, namun Tawangmangu menawarkan liburan yang seru dan menyenangkan untuk wisatawan yang datang kesini.

Objek wisata Tawangmangu bisa kita tempuh dengan kendaran hanya satu jam saja dari Kota Surakarta (Tempat wisata di Solo). Tempat ini sejak masa kolonial Belanda telah menjadi tempat berwisata. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun Grojogan Sewu (tinggi 81 m). Di tempat tetirah ini tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Dari Tawangmangu dapat dimulai pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.

Baca juga : 12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Yang Harus Anda Ketahui

Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain di indonesia, terlebih lagi didaerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur selain dari keberadaan obyek wisata Air Terjun Grojokan Sewu. Tawangmangu sendiri telah menjadi pilihan bagi orang-orang perkotaan untuk membangun villa-villa, maupun berinvestasi dengan mendirikan hotel-hotel & penginapan. (wikipedia)

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum 14 tempat wisata Tawangmangu dan sekitarnya yang harus anda kunjungi saat liburan kesini:

1. Wisata Tawangmangu Grojogan Sewu

Wisata Tawangmangu Grojogan Sewu
Wisata Tawangmangu Grojogan Sewu

Wisata Tawangmangu yang pertama dan paling populer adalah Air Terjun Grojokan Sewu. Air terjun ini menjadi favorit wisatawan yang datang ke Karanganyar, selain karena udaranya yang sejuk, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 81 meter ini juga memiliki keindahan yang sangat mempesona.

Untuk mencapai Air Terjun Grojokan Sewu, anda harus berjuang melewati sekitar 1.250 anak tangga, wow, banyak sekali ya. Tapi semua itu akan terbayar manakal kita sudah sampai di lokasi air terjun.

DIsekitar air terjun ini ada beberapa fasilitas yang disediakan, diantaranya adalah kolam renang dan beberapa penginapan dari berbagai tipe.

2. Wisata Tawangmangu Air Terjun Jumog

Wisata Tawangmangu Air Terjun Jumog
Wisata Tawangmangu Air Terjun Jumog

Jika anda berkunjung ke Karanganyar, jangan lupa untuk mampir di Air Terjun Jumog. Sangat sayang rasanya kalau ana sampai melewatkan objek wisata yang satu ini. Lokasinya berdekatan dengan wisata Tawangmangu, masih berada dilereng gunung Lawu, tepatnya ada di desa Berjo, Kec. Ngargoyoso dan untuk mencapai air terjun ini anda harus menapaki 116 anak tangga.
Lokasinya yang berada di ketinggian membuat hawa di sekitar objek wisata ini sangat sejuk. Tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini hanya untuk menghirup udara segar di sekitar air terjun.

3. Wisata Tawangmangu Agrowisata Sondokoro

Wisata Tawangmangu Agrowisata Sondokoro
Wisata Tawangmangu Agrowisata Sondokoro

Satu lagi tempat wisata di Karanganyar yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi, yaitu Agrowisata Sondokoro. Lokasnya masih ada diarea pabrik Tebu di Karanganyar. Agrowisata ini sangat cocok sekali untuk liburan bersama keluarga, karena ada banyak fasilitas yang bisa kita nikmat bersama anggota keluarga lainnya.

Fasilitas itu diantaranya adalah adalah flying fox, waterboom, kolam renang untuk anak anak, dan kolam yang berisi ikan untuk terapi kaki. Selain itu anda pun bisa mengelilingi objek wisata ini menggunakan kereta tua yang telah disediakan.

Wah, banyak sekali ya permainan disini. Tentu sangat sayang sekali kalau sampai terlewatkan.

4. Wisata Tawangmangu Candi Cetho

Wisata Tawangmangu Candi Cetho
Wisata Tawangmangu Candi Cetho

Candi Cetho menjadi tujuan wisata di sekitar Tawangmangu selanjutnya yang bisa anda kunjungi, candi peninggalan agama Hindu ada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec. Jenawi atau berada di lereng Gunung Lawu tepatnya di perkebunan teh, masih berdekatan dengan Tawangmangu. Jadi sangat sayang kalau sampai dilewatkan ya.

5. Wisata Tawangmangu Gunung Lawu

Wisata Tawangmangu Gunung Lawu
Wisata Tawangmangu Gunung Lawu

Anda suka mendaki? Nah, alternatif wisata Tawangmangu yang bisa anda coba selanjutnya anda mendaki Gunung Lawu. Gunung yang sedang ‘istirahat’ ini memiliki ketinggian sekitar 3,265 mdp. Gunung ini merupakan kebanggaan masyarakat Jawa Tengah pada umumnya.

Dibagian puncaknya sendiri terdapat tiga buah puncak, yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, serta Hargo Dumilah yang sekaligus merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu. Gunung Lawu sebenarnya termasuk gunung berapi, namun sedang dalam fase istirahatnya karena sudah lama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda aktivitas.

6. Wisata Tawangmangu Desa Nglurah

Wisata Tawangmangu Desa Nglurah
Wisata Tawangmangu Desa Nglurah

Tujuan wisata Tawangmangu selanjutnya adalah sbeuah desa yang terkenal sebagai penghasil bunga. Desa ini sangat indah sekali, karena setiap rumah disini menghiasi rumah mereka dengan aneka bunga nan cantik, bunga-bunga ini bisa anda miliki, karena dijual.

Bunga di desa nglurah ini sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia serta Malaysia dan Singapura. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjung desa sejuta bunga ini?

7. Wisata Tawangmangu Air Terjun Pringgodani

Wisata Tawangmangu Air Terjun Pringgodani
Wisata Tawangmangu Air Terjun Pringgodani

Nah, nyatanya di Tawangmangu masih tetap ada air terjun yang harus kita kunjungi, yakni Air Terjun Pringgodani. Ketinggian air terjun ini bahkan juga meraih 100 mtr., menaklukkan Grojokan Sewu. Air terju in juga tak kalah menarik untuk kita kunjungi, tempatnya ada di desa Blumbang ini bisa Anda raih dengan meniti perjalanan sejauh 5 km dari Terminal Tawangmangu. Dari pintu masuk, Anda mesti meniti perjalanan dengan jalan kaki lebih kurang 2 km untuk hingga ke tempat.

8. Wisata Tawangmangu Outbound

Wisata Tawangmangu Outbound
Wisata Tawangmangu Outbound

Ini dia satu diantara obyek wisata di Tawangmangu sebagai primadona untuk berlibur berbarengan keluarga, yakni ruang outbond. Bukan sekedar keluarga, umumnya lembaga pemerintah hingga swasta banyak juga yang pilih tempat ini untuk berlibur. Bermacam permainan serta hiburan ada di sini.

9. Flying Fox di Objek Wisata Tawangmangu

Flying Fox di Objek Wisata Tawangmangu
Flying Fox di Objek Wisata Tawangmangu

Di Tawangmangu ada juga banyak tempat yang menantang untuk kita cobalah, salah nya ialah flying fox, terkecuali flying fox ada juga ATV serta fasilitas hiburan yang lain.

10. Wisata Tawangmangu Cumpleng

Wisata Tawangmangu Cumpleng
Wisata Tawangmangu Cumpleng

Cumpleng yaitu tempat pemandian air hanyat yang perlu kita kunjungi bila tengah berlibur di Tawangmangu. Tempatnya ada di Desa Plumbon, Kec. Tawangmangu, berjarak sekitaran 26 km dari Kota Karanganyar, posisinya di jalan tembus Tawangmangu menuju Astana Mangadeg atau Matesih.

Mandi di air hangat ini memberi banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, terlebih kesehatan kulit.

11. Camping Seru Di Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu

Camping Seru Di Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu
Camping Seru Di Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu

Tempat wisata Tawangmangu yang satu ini umum jadikan untuk tempat kursus instantsi pemerintah, organisasi mahasiswa atau pelajar untuk lakukan beragam aktivitas. Tempatnya cuma berjarak sekitaran 2 km saja dari pasar. Bila anda dari Solo, jaraknya cuma sekitaran 1, 5 Km saja.

Sekipan sediakan beragam sarana yang dapat kamu pakai. Terkecuali ruang camping ground, di Sekipan juga ada dua buah villa yang dapat disewa. Cost villa telah termasuk juga retribusi masuk dan asuransi. Pemesan villa juga bebas memakai ruang camping ground ataupun sebagian wahana lain tanpa ada mesti membayar duit penambahan. Tetapi, apabila menginginkan memakai blok ruang spesifik bakal dipakai cost booking blok.

Di kompleks bumi perkemahan Sekipan ini dapat ada satu air terjun yaitu Curug Kenthongan. Tempatnya memanglah agak masuk ke rimba, tetapi situasi di sana cukup asyik terlebih masih tetap begitu alami karna tidak sering ada pengunjung yang datang ke curug ini.

12. Wisata Tawangmangu Situs Purbakala Menggung

Wisata Tawangmangu Situs Purbakala Menggung
Wisata Tawangmangu Situs Purbakala Menggung

Di Tawangmangu nyatanya ada situs peninggalan jaman dulu, namaunya yaitu Candi Menggung. Orang-orang sekitaran masih tetap melaukan ritual yang berbau mistis, yakni pada tiap-tiap terbitnya wuku dukut perhitungan kalender Jawa, nama upacaranya yaitu “Dhukutan” yang disemarakkan dengan pertunjukan wayang kulit.

Situs Purbakala Menggung terdapat di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu yang ada pada 1. 100 m dpl, berpanorama indah serta berudara sejuk. Sebagian bentuk peninggalan yang dapat diliat diantaranya berbentuk patung atau arca, dan sebagian sisa reruntuhan serta pondasi candi. Website purbakala Candi Menggung dapat diraih dengan kendaraan pribadi dari arah Tawangmangu atau jalan kaki dari terminal Tawangmangu.

13. Wisata Kuliner di Tawangmangu Sate Kelinci

Wisata Kuliner di Tawangmangu Sate Kelinci
Wisata Kuliner di Tawangmangu Sate Kelinci

Sesudah berjalan-jalan sepanjang hari, umumnya kita bakal lapar serta lelah, nah, anda dapat coba sate kelinci yang fenomenal di Tawangmangu. Nikmati sate kelinci serta denga disuguhi oleh panorama yang cantik bikin makan siang kita makin mantap.

Berharap bersabar, walau kita begitu lapar sekali, namun untuk merampungkan hidangan, sekurang-kurangnya perlu saat sekitaran 10 menit. Terdapat beberapa penual sate kelinci di Tawangmangu, seperti di sekitaran Grojogan Sewu ini. Sate kelinci adalah salah makanan khas di daerah dingin ini.

Tentang harga, tak mahal-mahal, cuma sekitar Rp. 12. 000 saja untuk satu porsinya. Oh ya, sate kelinci ini rendah cholesterol kok, jadi janganlah cemas, bahkan juga sate ini bermanfaat untuk turunkan kandungan gula untuk beberapa pasien diabetes, sesaat otaknya bermanfaat sebagai penyubur kandungan wanita.

Nah, terkecuali di sekitaran air terjun, anda dapat juga temukan penjual sate kelinci di selama Jalan Raya dari terminal Tawangmangu naik ke arah Sarangan.

14. Kebun Strawberry di Tawangmangu

Kebun Strawberry di Tawangmangu
Kebun Strawberry di Tawangmangu

Kesibukan yang mengasyikkan di Tawangmangu setelah itu yaitu menuai Strawberry. Buah yang satu ini memanglah hidup subur di daerah dataran tinggi. Anda dapat menuai buah merah merona ini di Tlogo Dringo, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Pada bln. Juni-Agustus adalah saat panen buah strawberry, pengunjung bisa menuai segera buah strawberry dengan membayar Rp50. 000 per kg.

Tersebut lokasi-lokasi wisata Tawangmangu yang dapat anda kunjungi berbarengan beberapa orang terkasih. Bila anda miliki narasi sendiri serta pengalaman berlibur di Tawangmangu silakan berikan pada kami agar pengunjung yang lain dapat untuk jadikan tips wisata Tawangmangu mereka.

Baca juga : 16 Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah Yang Paling Terkenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.