15 Wisata Air Terjun Curug Di Kebumen Yang Keren

Posted on

15 Wisata Air Terjun Curug Di Kebumen Yang Keren – Tersebut daftar air terjun indah dan bagus di Kebumen Jawa Tengah yang perlu dikunjungi. Kecuali popular akan pantainya yang cantik, Kabupaten/Kota Kebumen juga kaya wisata air terjun yang eksotis. Tak kalah keren dengan air terjun di Malang, Jogja, ataupun Bali.

Nah, buat kamu yang gemari banget sama obyek wisata air terjun atau curug yang masih tetap alami dan belum terjamah, datang saja ke Kebumen. Dahaga anda akan keindahan air yang turun dari atas tebing akan selekasnya terobati. Yuk, selekasnya saja simak review dan keterangan air terjun terindah yang ada di Kebumen itu.

Daftar Air Terjun Indah Dan Bagus Di Kebumen Yang Mesti Dikunjungi

1. Air Terjun Gemawang atau Curug Gemawang

Air Terjun Gemawang atau Curug Gemawang
Air Terjun Gemawang atau Curug Gemawang

Air Terjun Gemawang ada di desa Candirenggo, kecamatan Ayah. Air terjun ini popular sebagai mutiara cantik tersembunyi dari Kebumen karena tempatnya ada dibalik perbukitan yang lebat.

Karena ada di perbukitan dan masih tetap belum terjamah, jadi untuk mengunjunginya anda harus siap dengan fisik yang prima untuk treking. Anda hanya bisa menaiki kendaraan hingga Desa Candirenggo, lalu anda harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Untuk kendaraan bisa dititipkan di rumah warga setempat di Desa Candirenggo. Selama treking anda akan lewat jalan tanah, menyeberangi sungai, dan lewat pemakaman terlebih dulu selanjutnya tiba ditempat. Rasa lelah dan letih akan terbayarkan sekian anda saksikan keindahan Curug Gemawang.

2. Air Terjun Wringin atau Curug Wringin

Air Terjun Wringin atau Curug Wringin
Air Terjun Wringin atau Curug Wringin

Buat anda yang gemari banget sama kesibukan cliff jumping, tak perlu deh jauh-jauh pergi ke Blue Lagoon, Nusa Ceningan, Bali. Datang saja Curug Wringin yang ada di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Dari desai ini anda cukup trekking sekitaran 30-45 menit saja.

Air terjun Curug Wringin ini yaitu tempat yang bagus untuk cliff jumping. Recommended deh, hehe. Tempatnya tersembunyi di antara kebun warga setempat dan konon kabarnya belum banyak dikunjungi wisatawan.

Kecuali enak buat cliff jumping, kolam di curug ini bisa cocok sekali untuk berenang karena luasnya yang mencapai sekitaran 6 mtr.. Namun, buat anda yg tidak jago berenang, demikian tidak disarankan menjeburkan diri disini. Hal sejenis ini karena kedalaman kolam bisa mencapai sekitaran 4-6 mtr..

3. Air Terjun Plumbon atau Curug Plumbon (Curug Kali)

Air Terjun Plumbon atau Curug Plumbon (Curug Kali)
Air Terjun Plumbon atau Curug Plumbon (Curug Kali)

Oya, saya hampir lupa mengenalkan arti curug. Untuk teman dekat traveler yang belum tahu, curug itu artinya air terjun. Jadi, apabila anda denger kata curug atau coban itu sama saja dengan air terjun, atau waterfall. Tempat Curug Plumbon ada pada Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon, Kecamtan Karangsambung, Kebumen.

Air terjun terindah di Kebumen ini ada tidak jauh dari SD N 2 Plumbon atau bisa dimaksud curug ini ada tidak jauh dari jalan Raya Plumbon-Wadasmalang. Jaraknya dari kota Kebumen sekitaran 16 km.

Nah, di sekitaran SD N 2 Plumbon tersebut kelak pengunjung memarkir kendaraan waktu lalu dilanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai. Curug Plumbon memiliki ketinggian sekitaran 15 mtr..

Walau tidak sekian tinggi, curug ini popular dengan kejernihan airnya yang siap memanjakan Anda dengan kesejukan dan kedamaian. Keunggulan lain yang dimiliki air terjun ini yakni mempunyai bentuk yang unik, cocok banget untuk beberapa foto.

Tal ayal, Curug Plumbon juga saat ini jadi satu di antara object wisata indah di Kebumen yang ngehits banget dikalangan anak muda Jangan sampai lupa siapkan kamera full baterai apabila berkunjung ke sini. Rugi deh apabila sampai melupakan tempat yang paling instagramable di Kebumen ini.

4. Air Terjun Kedondong atau Curug Kedondong (Curug Gunungsari)

Air Terjun Kedondong atau Curug Kedondong (Curug Gunungsari)
Air Terjun Kedondong atau Curug Kedondong (Curug Gunungsari)

Curug Kedondong yaitu curug di daerah Kebumen yang perlu dikunjungi buat anda pengagum air terjun. Mengapa demikian? Karena curug yang mempunyai ketinggian 23 mtr. ini unik dan indah. Air disini turun merayap pelan diantara tebing bebatuan.

Baca juga : 40 Wisata Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Nikmat

Selain itu, object wisata air terjun di Kebumen ini masih tetap tak kerap dikunjungi sampai nuansa alaminya dapat banget. Anda bisa peroleh spot foto yang keren disini dengan latar air terjun dan bebatuan. Hasil bidikan anda di tempat ini akan semakin buat instagrammu makin ngehits.

Tempat Curug Kedondong atau yang sering disebut Curug Gunungsari ini ada di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Warga setempat menyebutnya Curug Butak. Jarak air terjun ini sekitaran 26 km dari kota Kebumen. Sesudah tiba di desa (pemukiman warga) anda masih tetap harus jalan sekitaran 450 mtr. menuju tempat.

Karena curug ini belum resmi dikelola jadi obyek wisata, jadi belum ada akses masuk maupun fasilitas. Anda tak akan dapatkan kolam untuk berendam di bawah curug cantik ini. Jadi, apabila memang anda menginginkan bertandang ke curug ini sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

5. Air Terjun Silangit atau Curug Silangit

Air Terjun Silangit atau Curug Silangit
Air Terjun Silangit atau Curug Silangit

Air Terjun Silangit termasuk curug indah di Kebumen yg tidak dapat anda lewatkan sekian saja. Jangan sampai tertipu dengan namanya ya guys, walaupun di panggil Silangit tetapi curug ini tak sekian tinggi.

Curug Silangit ini menawarkan keindahan air kolamnya yang jernih dan fresh. Tempat curug ini ada di desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng. Untuk menuju tempat air terjun anda harus trekking dulu selama 30-45 menitan. Rasa lelahmu akan terbayar sekian sampai di Curug Silangit.

6. Air Terjun Sawangan atau Curug Sawangan

Air Terjun Sawangan atau Curug Sawangan
Air Terjun Sawangan atau Curug Sawangan

Air Terjun Sawangan ada di Desa Karangduwur atau Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Curug Sawangan ini konon kabarnya disebutkan sebagai air terjun tertinggi di Kebumen. Jalan yang digunakan untuk menuju tempat curug ini sudah dilengkapi dengan jalan setapak dan anak tangga.

Apabila anda sudah ada di Jalan Raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, berarti anda tinggal jalan kaki kurang dari 1 km untuk mencapai tempat curug. Dari curug ini anda akan bisa saksikan pemandangan Samudera Hindia yang luas sepanjang mata lihat.

Oya, karena tempatnya satu tempat dengan Pantai Sawangan, jadi curug ini dapat kerap disebut air terjun tepi pantai. Nah, buat anda yang bingung mencari pantai indah di Kebumen yang ada air terjun-nya, datang saja ke Pantai Sawangan.

Kecuali Curug yang indah, di tempat desa Karangduwur ini anda bisa pula dapatkan Gua Sawangan yang popular dengan pesona stalakmit dan stalaktitnya. Gua ini bisa popular dengan air sungai bawah tanahnya yang melimpah ruah.

7. Air Terjun Silancur atau Curug Silancur

Air Terjun Silancur atau Curug Silancur
Air Terjun Silancur atau Curug Silancur

Curug Silancur ada di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung, Kebumen. Curug ini tingginya mencapai sekitaran 20 mtr. ini airnya jatuh ke batuan purba di bawahnya, sampai tidak bikin kolam.

Untuk mencapai air terjun Curug Silancur, anda bisa melalui perjalanan sejauh 35 km dari Kebumen, lalu jalan kurang lebih 20 menit dari tempat parkir kendaraan ke basic jurang.

8. Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro

Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro
Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro

Tersebut air terjun paling indah di Kebumen yang memiliki tiga tingkat dengan terjunan air yang bikin formasi seperti tirai. Tidak butuh lama-lama untuk memutuskan menyambanginya. Anda bisa datang ke dusun Kalikumbang, desa Donorojo, kecamatan Sempor apabila inginkan nikmati air terjun cantik ini.

Curug Sudimoro memiliki ketinggian sekitaran 35 mtr., mempunyai bentuk melebar sampai air yang jatuh dari atas tebing bikin semacam tirai putih yang elok diliat. Debit airnya juga cukup deras dan stabil walau musim kemarau. Air terjun ini dikelilingi banyak bukit yang berikan pesona kecantikannya.

9. Air Terjun Grojogan Kuang

Air Terjun Grojogan Kuang
Air Terjun Grojogan Kuang

Grojogan Kuang ada di desa Kedungiyom, kecamatan Alian. Ukurannya yang tidaklah sangat tinggi, sekitaran 2 mtr.. Mungkin saja saja karena ukurannya yang kecil tersebut lantas membuatnya disebut dengan grojogan bukannya curug.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Kebumen yang Sangat Menarik

Tempat ini lumayan bagus untuk menjadikan destinasi jalan-jalan. Di bawah grojogan ini ada kolam kecil yang cukup asyik untuk bermain. Supaya anda tak penasaran, mending selekasnya saja sambangi sendiri ke tempat. Ok, guys?

10. Air Terjun Kedungwuni atau Curug Kedungwuni

Air Terjun Kedungwuni atau Curug Kedungwuni
Air Terjun Kedungwuni atau Curug Kedungwuni

Curug Kedungwuni ada di pelosok perbukitan Kebumen tepatnya di desa Rawareja, kecamatan Kebumen. Tempatnya tidak sekian jauh dari pusat kota sampai mudah untuk disambangi. Air terjun dengan tinggi sekitaran 11 mtr. ini cocok ada di barat Bukit Butak, satu di antara puncak di perbukitan Bulupitu.

Sumber aliran airnya datang dari sungai Kedungmati. Tidak sekian banyak ruang terbuka untuk bermain air di sekitaran air terjun, kolam kecil di bawahnya juga paling cuma bisa untuk merendam kaki. Namun kondisi alami dan jauh dari perkotaan buat tempat ini cocok untuk menentramkan diri.

11. Air Terjun Karang Gemantung atau Curug Karang Gemantung

Air Terjun Karang Gemantung atau Curug Karang Gemantung
Air Terjun Karang Gemantung atau Curug Karang Gemantung

Tersebut air terjun yang lagi hits di Kebumen belakangan ini. Namanya Curug Karang Gemantung. Tempatnya ada di desa Pucangan, kecamatan Sadang atau ada di tempat Cagar Alam Geologi Karangsambung. Air terjun ini ada di lereng Bukit Gliwang yang punyai ketinggian 452 mdpl. Air Terjun Karang Gemantung ini memiliki dua terjunan yang keduanya sama berdampingan sampai terlihat seperti air terjun kembar.

Curug Karang Gemantung mulai di kenali umum sejak mulai beberapa foto kerennya menebar di dunia maya. Foto itu kurun saat singkat jadi viral dan mengundang rasa penasaran traveler muda untuk berkunjung selekasnya ke tempat.

12. Air Terjun Pandansari atau Curug Pandansari

Air Terjun Pandansari atau Curug Pandansari
Air Terjun Pandansari atau Curug Pandansari

Air terjun Pandansari ada di desa Pandansari kecamatan Sruweng kabupaten Kebumen. Air terjun ini memiliki nama lain Kaliwiro. Ketinggian Air Terjun Pandansari mencapai sekitaran 25 mtr..

Air yang jatuh dari ketinggian itu terlihat demikian indah apabila puncak musim penghujan tiba karena debit airnya besar. Tengah saat kemarau debit air akan mengecil bahkan kering. Akses jalan menuju air terjun ini cukup mudah karena dekat dengan pemukiman warga setempat.

13. Air Terjun Sikebut atau Curug Sikebut

Air Terjun Sikebut atau Curug Sikebut
Air Terjun Sikebut atau Curug Sikebut

Air terjun Sikebut ada di desa Ginandong kecamatan Karanggayam kabupaten Kebumen. Air terjun yang memiliki tinggi sekitaran 24 mtr. ini akan demikian indah waktu musim penghujan. Gemericik air terjun saat tertiup angin bikin kesegaran sendiri buat anda.

Akses jalan menuju tempat termasuk juga sulit karena ada di antara rimba pinus Perhutani. Bahkan warga sekitaran saja tak kerap bertandang ke tempat indah ini. Tak heran, apabila air terjun Sikebut masih tetap sekian alami dan belum terjamah.

Dinamakan Curug Sikebut karena air yang turun dari curug ini cukup deras. Curug Sikebut dapat dijangkau dengan lewat persawahan dan jalur setapak menyusuri rimba. Anda mungkin saja saja akan lewat 2 arus sungai dan 1 curug kecil untuk mencapai Curug Sikebut. Jadi, harus hati-hati ya guys!

14. Air Terjun Sindaro atau Curug Sindaro

Air Terjun Sindaro atau Curug Sindaro
Air Terjun Sindaro atau Curug Sindaro

Air terjun Sindaro ada di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung. Air terjun ini memiliki dua tingkatan air terjun dengan ketinggian sekitaran 25 mtr.. Air terjun ini yaitu aliran hulu Sungai Kedungbener sampai debit air tidak akan kering walaupun musim kemarau walau.

Air terjun yang masih tetap demikian alami ini dikelilingi rimba, sampai suasananya benar-benar asri. Aliran air terjun Sindaro demikian indah dilihat karena air akan jatuh dan menyebar, tampak seperti tirai air raksasa yang indah.

15. Curug Sindaro

Curug Sindaro
Curug Sindaro

Bagaimana guys? Keren dan cantik tidaklah wisata air terjunnya? Rugi deh apabila berkunjung ke Kebumen tidak ada nikmati keindahan curugnya. Terutama buat anda yang asli Kebumen, mesti deh datang ke sebagian tempat itu.

Jangan sampai lupa sharing artikel ini ya guys, supaya pariwisata Kebumen makin popular dan ngehits. Nah, buat anda yang punyai info baru tentang air terjun indah dan bagus di Kebumen yang lain bisa sharing di kolom komentar untuk kompliti.

Tersebut 15 Wisata Air Terjun Curug Di Kebumen Yang Keren semoga artikel ini bermanfaat,selamat berlibur aja kelalen BAHAGIA ya……..!!

Baca juga : 5 Daftar Kolam Renang Di Kebumen Yang Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *