41 Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Bagus Serta Terkenal

Posted on

41 Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Bagus Serta Terkenal – Obyek wisata di Jogja jadi pilihan favorite wisatawan domestik serta luar negeri. Tidaklah heran karna Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai beberapa tempat bagus untuk berlibur.

Obyek wisata di Yogyakarta memanglah termasuk komplit. Dari mulai wisata pantai, taman rekreasi, tempat berbelanja, museum bersejarah, wisata kuliner, tempat nongkrong sampai pegunungan serta obyek wisata untuk pengagum tantangan ada di Jogja.

Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu daerah istimewa satu tingkat propinsi. Penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta sangat panjang, hingga seringkali disingkat DI Yogyakata atau DIY. Daerah Istimewa Yogyakarta juga seringkali dimaksud Yogyakarta, Yogya, Jogjakarta serta Jogja.

Baca juga : Daftar Harga Tiket Masuk Grand Puri Waterpark Yogyakarta

Propinsi ini adalah propinsi paling kecil ke-2 sesudah DKI Jakarta. Tetapi karna kekhasan budaya serta banyak tempat menarik di Jogja, kota gudeg ini jadi maksud wisata terbaik di Indonesia sesudah Bali. Popularitas obyek wisata di Jogja juga telah menebar sampai ke semua penjuru Indonesia, bahkan juga ke beragam belahan dunia.

Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai luas 3. 185, 80 km2, terdiri atas empat kabupaten serta satu kotamadya. DIY terdapat di samping selatan pulau Jawa serta bersebelahan dengan Samudera Hindia serta Propinsi Jawa Tengah.

Tempatnya yang bersebelahan segera dengan Samudera Hindia, jadi barokah sendiri untuk Daerah Istimewa Yogyakarta terlebih untuk bidang pariwisata. Jogja mempunyai pantai-pantai yang indah serta harus dikunjungi waktu muslim berlibur.

Telah tidak sabar menginginkan selekasnya menjelajah obyek wisata di Jogjakarta? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi 41 Tempat Wisata di Jogja

  1. Pantai Parangtritis
  2. Pantai Baron
  3. Pantai Siung
  4. Pantai Ngandong
  5. Pantai Nglambor
  6. Pantai Parangkusumo
  7. Pantai Pok Tunggal
  8. Pantai Pantai Indrayanti
  9. Pantai Pantai Jogan
  10. Pantai Sundak
  11. Pantai Krakal
  12. Pantai Sadranan
  13. Pantai Timang
  14. Candi Prambanan
  15. Candi Sambisari
  16. Air Terjun Sri Gethuk
  17. Curug Tegalrejo
  18. Rimba Pinus Mangunan
  19. Wisata Alam Kalibiru
  20. Gunung Merapi
  21. Tubing Gua Pindul
  22. Gua Jomblang
  23. Tubing Gua Kalisuci
  24. Bukit Bintang
  25. Tebing Breksi
  26. Rimba Pinus Nganjir
  27. Green Village Gedangsari
  28. Desa Wisata Nglinggo
  29. Kebun Binatang Senang Loka
  30. Tugu Jogja
  31. Taman Pintar
  32. Istana Ratu Boko
  33. Museum Sisa Hartaku
  34. Museum Sonobudoyo
  35. Keraton Jogja
  36. Jalan Malioboro
  37. Jogja Bay Pirates
  38. De Mata Trik Eye Museum
  39. Up Side Down World Jogja
  40. Sindu Kusuma Edupark
  41. Kebun Binatang Yogyakarta

1. Pantai Parangtritis

Obyek wisata di jogja Pantai Parangtritis
Obyek wisata di jogja Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terdapat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakata. Pantai Parangtritis atau dimaksud juga Pantai Paris adalah satu diantara obyek wisata di Jogja yang masih tetap jadi tempat paling ramai pengunjung.

Waktu yang ditunggu pengunjung di Pantai Parangtritis yaitu sore mendekati matahari tenggelam. Panorama sunsetnya begitu menarik.

Ombak pantai Parangtritis memanglah kurang bersahabat, hingga pengunjung dilarang berenang. Tetapi banyak langkah nikmati obyek wisata di Yogyakarta ini seperti bermain ATV dengan tarif Rp. 50. 000 – Rp. 100. 000 per 1/2 jam atau menyewa kereta kuda. Ticket masuk Parangtritis juga termasuk begitu murah, yaitu cuma sebesar Rp. 3. 000 per orang, ticket masuk sepeda motor Rp. 1. 000 per motor, ticket masuk mobil Rp. 5. 000 per mobil, tarif parkir sepeda motor Rp. 2. 000 per motor serta tarif parkir mobil Rp. 5. 000 per mobil.

2. Pantai Baron

Pantai Baron obyek wisata di jogja
Pantai Baron obyek wisata di jogja

Pantai Baron terdapat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Tempat Pantai Baron bisa ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta.

Pantai Baron mempunyai pasir putih yang bersih. Disini Anda bisa melihat birunya laut yang menghampar luas dengan naik mercusuar. Jejeran kapal nelayan menaikkan keindahan pemandangan di pantai ini.

Ticket masuk Pantai Baron masih tetap begitu murah. Pengunjung cuma dipakai tarif sebesar Rp. 10. 000 per orang. Dengan ticket masuk itu, Anda bisa nikmati keindahan tiga pantai sekalian, yakni Pantai Krakal, Pantai Sundak serta Pantai Kukup. Sedang cost parkir, sepeda motor Rp. 2. 000 per motor serta parkir mobil Rp. 5. 000 per mobil.

3. Pantai Siung

Pantai Siung Tempat Wisata di Jogja
Pantai Siung Tempat Wisata di Jogja

Pantai Siung terdapat di Dusun Water, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Pantai ini tempatnya bersebelahan dengan Pantai Nglambor. Bila Pantai Nglambor tawarkan wisata bawah laut yang eksotis, di Pantai Siung tawarkan wisata berlebihan yakni panjat tebing alam (rock climbing).

Akses menuju pantai indah ini masih tetap cukup susah serta belum juga terjangkau oleh fasilitas transfortasi umum. Hingga untuk berlibur ke Pantai Siung, Anda mesti membawa kendaraan pribadi atau menyewa.

Ticket masuk Pantai Siung Gunungkidul relatif murah, tiap-tiap pengunjung cuma dipakai tarif sebesar Rp. 5. 000 telah termasuk juga cost parkir.

4. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong obyek wisata di jogja
Pantai Ngandong obyek wisata di jogja

Pantai Ngandong terdapat di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Tempatnya berjarak lebih kurang 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai ini tawarkan pemandangan yang begitu menarik serta memanjakan mata.

Sedikit berlainan dengan pantai yang lain di Gunungkidul yang populer mempunyai ombak besar, Pantai Ngandong mempunyai ombak yang cukup tenang serta pantai yang cukup landai hingga disini Anda bisa berenang. Walau bagaimanapun, Anda mesti tetaplah waspada serta memprioritaskan keselamatan.

Medan jalan menuju Pantai Ngandong cukup menantang, tetapi janganlah cemas karna perjalanan menuju Pantai Ngandong yang melelahkan juga akan terbayar oleh keindahan alamnya.

Untuk masuk, pengunjung dipakai tarif sebesar Rp. 2. 000 per orang ditambah cost parkir kendaraan Rp. 10. 000.

5. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor obyek wisata di jogja
Pantai Nglambor obyek wisata di jogja

Pantai Nglambor terdapat di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat Pantai Nglambor ada sekitaran 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai ini serah dengan Pantai Siung serta diapit oleh Pantai Siung serta Pantai Jogan.

Pantai ini pas untuk aktivitas snorkeling karna mempunyai air laut yang bersih serta masih tetap alami. Diluar itu kekayaan bawah laut Pantai Nglambor juga menarik untuk dieksplor.

Untuk nikmati keindahan Pantai Nglambor, Anda cukup membayar ticket sebesar Rp. 10. 000 per orang. Bila menginginkan coba sensasi snorkeling, di Pantai Nglambor telah ada sewaan perlengkapan snorkling.

6. Pantai Parangkusumo

Obyek wisata di Jogja pantai Parangkusumo
Obyek wisata di Jogja pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo terdapat di Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat Pantai Parangkusumo berdampingan dengan Pantai Parangtritis atau berjarak sekitaran 30 km dari Kota Yogyakarta.

Untuk menuju ke Pantai Parangkusumo, Anda dapat memakai rute yang sama juga dengan Pantai Parangtritis. Dari terminal Giwangan dapat memakai bus jurusan Jogja-Parangtritis, turun di sub terminal Parangtritis dengan cost sebesar Rp. 15. 000.

Ticket masuk Pantai Parangkusumo dapat disebut gratis, karna Pantai Parangkusumo masih tetap satu lokasi dengan Pantai Parangtritis. Hingga untuk berlibur di pantai ini Anda cukup membayar ticket masuk ke Pantai Parangtritis saja.

7. Pasir Pantai Putih Pok Tunggal

Obyek wisata di Jogja Pantai Pok Tunggal
Obyek wisata di Jogja Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terdapat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitaran 2 km dari Pantai Indrayanti.

Akses jalan menuju Pantai Pok Tunggal masih tetap belum juga bagus, tetapi pantai ini mempunyai sarana wisata yang cukup ideal. Di Pantai Pok Tunggal telah ada warung-warung makanan, tempat parkir, camping ground, homestay, penyewaan payung serta tikar, toilet serta mushola.

Pantai Pok Tunggal mempunyai pasir putih dengan garis pantai yang panjang serta luas. Disini Anda dapat bersantai nikmati segarnya es kelapa muda di tepi pantai, atau naik ke Bukit Tirta Asri atau Bukit Panjong untuk nikmati keindahan Pantai Pok Tunggal dari atas ketinggian.

8. Pantai Indrayanti

Obyek wisata di jogja pantai indrayanti
Obyek wisata di jogja pantai indrayanti

Pantai Indrayanti terdapat di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya bersebelahan dengan Pantai Sundak, bisa ditempuh dari Kota Yogyakarta dengan jarak lebih kurang 70 km dengan saat tempuh sekitaran 2 jam berkendara.

Pantai Indrayanti mempunyai pasir putih dan bersih. Garis pantainya relatif pendek, cuma 250 mtr.. Walau bagaimanapun, pantai ini begitu direferensikan karna menyuguhkan keindahan yg tidak kalah menarik dari pantai yang lain di Jogjakarta.

Pantai Indrayanti relatif lebih bersih serta tertangani. Disini tak ada sampah berantakan, karna wisatawan yang buang sampah ditempat ini juga akan didenda Rp. 10. 000. Meskipun termasuk baru, tetapi Pantai Indrayanti telah diperlengkapi sarana penginapan serta sarana wisata yang lain.

Baca sedetailnya Pantai Indrayanti Gunungkidul, Tempat Wisata di Yogyakarta yang Serupa Pantai di Bali.

9. Pantai Jogan

Obyek wisata di jogja pantai jogan
Obyek wisata di jogja pantai jogan

Pantai Jogan terdapat di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya berjarak sekitaran 70 km dari Kota Yogyakarta atau berjarak sekitaran 200 mtr. dari Pantai Siung.

Pantai Jogan mempunyai kekhasan sendiri yg tidak dipunyai pantai yang lain di Gunungkidul, yaitu ada air terjun yang jatuh dari atas tebing setinggi lebih kurang 10 mtr. ke bibir laut Jogan.

Harga ticket masuk Pantai Jogan Rp. 3. 000 per orang ditambah parkir kendaraan Rp. 2. 000 per motor. Pantai ini masih tetap alami serta belum juga ada sarana bisa memanjakan pengunjung. Bila Anda merencanakan berkunjung ke Pantai Siung, tak ada kelirunya bila sekalian berkunjung ke Pantai Jogan.

10. Pantai Sundak

Obyek wisata di jogja pantai sundak
Obyek wisata di jogja pantai sundak

Pantai Sundak terdapat di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat pantai Sundak bersebelahan dengan Pantai Baron serta Pantai Krakal. Terlebih dulu, Pantai ini bernama Pantai Wedimbedah yang bermakna pasir terbelah. Lalu pada th. 1976 ditukar jadi Pantai Sundak karna menurut narasi, pada saat itu di pantai ini berlangsung perkelahian pada asu (anjing) serta landak.

Di Pantai Sundak ada tebing karang dibagian bagian barat serta timur, mempunyai pasir putih serta karang-karang kecil yang lembut menyebar hingga lebih kurang 30 m dari pinggir pantai.

Di Pantai Sundak berlum ada penginapan, bila Anda menginginkan bermalam dapat menuju ke Pantai Krakal atau Pantai Baron di samping barat.

11. Pantai Krakal

Obyek wisata di jogja pantai krakal
Obyek wisata di jogja pantai krakal

Pantai Krakal terdapat di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat Pantai Krakal bersebelahan dengan Pantai Sundak atau berjarak sekitaran 65 km dari Kota Yogyakarta dengan saat tempuh lebih kurang 2, 5 jam berkendara.

Pantai Krakal banyak dihiasi oleh batu karang. Disini Anda bisa melihat bermacam biota laut seperti ikan hias warna-warni yang bermain di sela-sela karang. Garis pantai ini juga panjang serta landai.

Pantai Krakal memiliki debur ombak yang cukup tinggi, hingga jadi buruan favorite wisatawan yang hoby berselancar (surfing). Saat terbaik untuk surfing di Pantai Krakal yaitu pada bln. Maret serta September.

12. Pantai Sadranan

Obyek wisata di jogja pantai sadranan
Obyek wisata di jogja pantai sadranan

Pantai Sadranan terdapat bersebelahan dengan Pantai Krakal serta Pantai Ngandong, tepatnya ada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Sadranan berpasir putih, pantainya luas serta landai hingga begitu pas untuk tempat piknik keluarga. Pantai Sadranan juga mempunyai air yang jernih serta keindahan bawah laut yang menarik hingga Pantai Sadranan jadi satu diantara tempat snorkling di Jogja.

Ticket masuk Pantai Sadranan Rp. 10. 000 per orang telah termasuk juga ticket masuk sebagian pantai di Gunungkidul.

13. Pantai Timang

obyek wisata di jogja pantai timang
obyek wisata di jogja pantai timang

Pantai Timang ada di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, akses jalan menuju pantai ini cukup terjal serta menantang. Dari kota Wonosari jaraknya sekitaran 35 km menuju ke arah Pantai Baron.

Walau demikian, Pantai Timang tawarkan panorama menarik, pas untuk Anda yang inginkan situasi pantai yang masih tetap alami.

Di Pantai Timang Anda bisa coba kereta gantung dari Pantai Timang ke Pulau Timang selama 50 – 100 m. Untuk coba gantole ini, diperlukan nyali yang cukup besar.

14. Candi Prambanan

Obyek wisata di jogja candi prambanan
Obyek wisata di jogja candi prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang teletak di Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini adalah kompleks candi Hindu paling besar di Indonesia yang dibuat pada era ke-9 masehi dengan ketinggian bangunan candi menjangkau 47 m.

Tempat Candi Prambanan terdapat di lingkungan Taman Wisata Prambanan, lebih kurang 17 km ke arah timur dari Kota Yogyakarta.

Harga ticket masuk Candi Prambanan Rp. 30. 000 per orang untuk dewasa, serta Rp. 12. 500 per orang untuk anak-anak. Sesaat WNA dewasa dipakai ticket masuk sebesar 18 USD per orang serta WNA anak-anak 9 USD.

15. Candi Sambisari

Obyek wisata di jogja candi sambisari
Obyek wisata di jogja candi sambisari

Candi Sambisari terdapat di Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Sambisari mempunyai daya tarik salah satunya ada 6, 5 m dibawah permukaan tanah yang disangka terkubur oleh letusan Gunung Merapi pada th. 1006 M.

Di Candi Sambisari ada patung Yoni serta Lingga memiliki ukuran besar pada suatu bilik di tubuh candi. Harga ticket masuk Candi Sambisari Rp. 3. 000 per orang dengan jam operasional di buka mulai jam 09. 00 WIB hingga jam 16. 00 WIB.

Rute menuju Candi Sambisari dari arah Jogja naik bus jurusan Solo, hingga km. 10 ada papan penunjuk menuju candi. Perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek sejauh lebih kurang 2 km.

16. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk obyek wisata di jogja
Air Terjun Sri Gethuk obyek wisata di jogja

Air Terjun Sri Gethuk ada di pinggir sungai Oya, terdapat di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Karna keindahannya, Air Terjun Sri Gethuk dijuluki Green Canyon-nya Jogja. Air terjun ini adalah satu diantara air terjun terindah di nusantara.

Harga ticket masuk Air Terjun Sri Gethuk Rp. 7. 000 per orang. Wisata yang di tawarkan yaitu panorama air terjun yang menarik, tebing-tebing batu karst serta perahu tradisionil.

17. Curug Tegalrejo

Curug Indah Tegal Rejo obyek wisata di jogja
Curug Indah Tegal Rejo obyek wisata di jogja

Curug Indah Tegalrejo atau Curug Bayat terdapat desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat Curug Tegalrejo ada di ujung timur Gunungkidul.

Curug Tegalrejo yaitu berbentuk air terjun bertingkat, memiliki bentuk serupa dengan Air Terjun Tujuh Bidadari di Kabupaten Semarang. Di tiap-tiap tingkatan ada cekungan cukup dalam. Untuk yang pintar berenang, cekungan ini pas untuk nikmati sensari berenang di alam terbuka.

18. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Tempat Wisata di Jogja
Hutan Pinus Mangunan Tempat Wisata di Jogja

19. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru Tempat Wisata di Jogja
Wisata Alam Kalibiru Tempat Wisata di Jogja

20. Gunung Merapi

Gunung Merapi obyek wisata di Jogja
Gunung Merapi obyek wisata di Jogja

Tempat Gunung Merapi ada di daerah perbatasan empat Kabupaten, yakni :

  • Lereng samping selatan masuk ke lokasi Kabupaten Sleman Yogyakarta
  • Lereng samping barat masuk ke lokasi Kabupaten Magelang
  • Lereng samping utara serta timur masuk le lokasi Kabupaten Boyolali
  • Lereng samping tenggara masuk ke lokasi Klaten

Harga ticket masuk Gunung Merapi :

  • Ticket wisata Volcano trekking Kinahrejo Rp. 5. 000, – (2014)
  • Ticket wisata Volcano Trekking Kepuhharjo Rp. 5. 000, –
  • Kembali pada Daftar Isi Tempat Wisata di Jogja

21. Tubing Gua Pindul

Rafting Gua Pindul obyek wisata di Jogja
Rafting Gua Pindul obyek wisata di Jogja

22. Gua Jomblang

Goa Jomblang obyek wisata di Jogja
Goa Jomblang obyek wisata di Jogja

23. Tubing Gua Kalisuci

Tubing Gua Kalisuci Tempat Wisata di Jogja
Tubing Gua Kalisuci Tempat Wisata di Jogja

24. Bukit Bintang

Bukit Bintang obyek wisata di Jogja
Bukit Bintang obyek wisata di Jogja

25. Tebing Breksi

Tebing Breksi obyek wisata di jogja
Tebing Breksi obyek wisata di jogja

26. Rimba Pinus Nganjir

Obyek wisata di jogja rimba pinus nganjir
Obyek wisata di jogja rimba pinus nganjir

27. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari
Green Village Gedangsari

28. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo obyek wisata di jogja
Desa Wisata Nglinggo obyek wisata di jogja

29. Kebun Binatang Senang Loka

Gembila loka zoo obyek wisata di jogja
Gembila loka zoo obyek wisata di jogja

30. Tugu Jogja

Monumen tugu Jogja obyek wisata di yogyakarta
Monumen tugu Jogja obyek wisata di yogyakarta

31. Taman Pintar

Taman Pandai Obyek wisata di Jogja
Taman Pandai Obyek wisata di Jogja

32. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko obyek wisata di jogja
Istana Ratu Boko obyek wisata di jogja

33. Museum Sisa Hartaku

Museum sisa hartaku obyek wisata di jogja
Museum sisa hartaku obyek wisata di jogja

34. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo Obyek wisata di jogja
Museum Sonobudoyo Obyek wisata di jogja

35. Keraton Jogja

Kraton Jogjakarta obyek wisata di yogya
Kraton Jogjakarta obyek wisata di yogya

36. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro obyek wisata di Jogja
Jalan Malioboro obyek wisata di Jogja

37. Jogja Bay Pirates

Jogja bay pirates obyek wisata di jogja
Jogja bay pirates obyek wisata di jogja

38. De Mata Trik Eye Museum

De Mata Trik Eye Museum obyek wisata di jogja
De Mata Trik Eye Museum obyek wisata di jogja

39. Up Side Down World Jogja

Up Side Down obyek wisata di jogja
Up Side Down obyek wisata di jogja

41. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark obyek wisata di jogja
Sindu Kusuma Edupark obyek wisata di jogja

Tersebut 41 tempat wisata di Jogja yang bagus serta popular sekarang ini. Mudah-mudahan informasi sekitar tempat piknik yang bagus di Jogjakarta ini bisa menaikkan rujukan berlibur Anda. Terima kasih, selamat liburan.

Baca juga : 10 Tempat Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *