Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Posted on

Pantai Pok Tunggal – Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memanglah dianugerahi jejeran pantai cantik nan indah dengan hamparan pasir putih. Salah nya ialah Pantai Pok Tunggal yang tengah hits akhir-akhir ini dikalangan wisatawan.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, harus deh baca penjelasan dari Tempat Plesir terlebih dulu hingga bakal buat liburanmu jadi lebih asyik serta nyaman. Review yang dihidangkan ini cukup komplit, dari mulai daya tarik, tempat serta rute jalan, sampai cost retribusi yang perlu dibayar saat ke sini.

Keindahan Serta Kekhasan Pantai Pok Tunggal

Jadi satu diantara pendatang baru dibelantika pariwisata Yogyakarta, Pantai Pok Tunggal mempunyai beberapa keindahan yang dapat disandingkan dengan pantai-pantai yang telah terlebih dulu populer seperti pantai Parangtritis serta Pantai Indrayanti.

Paling tidak ada 5 kecantikan serta kekhasan yang dipunyai oleh Pantai Pok Tunggal yang bakal buat siapapun tertarik untuk menyambanginya. Kurang lebih apa sajakah ya? Yuk, simak segera uraiannya di bawah ini!

1. Pohon Duras Yang Ikonik

Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Ciri khas Pantai Pok Tunggal yaitu ada satu pohon bernama pohon duras yang tumbuh di pinggir pantai. Pohon sebagai ikon pantai ini konon susah tumbuh serta begitu dijaga keberadaannya oleh masyarakat setempat. Jadi, janganlah kaget ya apabila ada teguran saat memanjat pohon itu.

Baca juga : Keindahan Tempat Wisata Di Drini Gunung kidul Yogyakarta

Mungkin saja nama pantai ini juga terlahir dari nama Pohon Duras (Pokok) yang hanya ada satu (tunggal) di sini. Hingga beberapa orang juga memanggilnya dengan nama Pantai Pok Tunggal. Tak tahu dari tempat mana juga namanya, yang pasti keelokan Pohon Duras ini layak kamu abadikan waktu ke sini.

2. Pasir Putih Serta Ombak Yang Tenang

Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Tidak bisa disangkal, Pantai Pok Tunggal memanglah layak dinobatkan jadi satu diantara pantai baru di Jogja yang paling indah serta cantik. Hamparan pasir putih dengan ombak biru yang tenang menghempas, sungguh bakal memanjakan mata selama seharian.

Pasir pantainya yang lumayan lembut bakal buat kamu kerasan jalan-jalan di pinggir pantai sembari sesekali bermain air. Kamu dapat juga melihat keindahan birunya laut lewat tenda-tenda yang berjajar di tepi pantai sembari ditemani nada ombak serta semilirnya angin pantai.

3. Sunset Yang Cantik Serta Tebing Karang Tinggi Nan Eksotis

Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Tidak cuma pantainya yang bersih, Pantai Pok Tunggal juga jadi tempat berburu sunset paling baik di Yogyakarta. Datanglah ke sini mendekati sore waktu cuaca cerah, jadi kamu bakal lihat kecantikan matahari terbenam menuju ke peraduannya.

Pantai Pok Tunggal juga dikelilingi tebing-tebing karang yang tinggi sekitaran 50 meter-an. Tebing yang berdiri agagh ini seakan-akan membuat perlindungan pantai ini dari terjangan gelombang serta angin Samudera Hindia.

Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Apabila kamu bernyali serta membawa perlengkapan keamanan, dapat memanjat tebing atau bukit di sini untuk lihat keindahan Pantai Pok Tunggal dari ketinggian.

4. Tempat Yang Asyik Serta Seru Untuk Camping

Baca juga : Keren Object Wisata Air Terjun Banyu Tibo Gunung Kidul

Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Untuk kamu beberapa camping mania, harus deh nyobain ngecamp di sini. Fasilitasnya yang lumayan komplit serta keadaan pantai yang nyaman buat Pantai Pok Tunggal layak jadi pantai yang pas untuk camping di Jogja.

Baca juga : Wisata Pantai Selama Gunung Kidul Keindahan Yang Menakjubkan Hati

Nikmati situasi malam Pantai Pok Tunggal dengan ditemani api unggun serta jagung bakar kelihatannya jadi peristiwa yang mengasyikkan. Terlebih sembari melihat kerlip bintang dilangit yang menarik, mengagumkan serunya bukan?

5. Situasi Pantai Yang Alami Serta Sepi

Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Yang Bisa Anda Dapatkan Di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal termasuk juga obyek wisata indah di Gunung Kidul yang mempunyai situasi sepi serta alami karna masih tetap tidak sering dikunjungi wisatawan. Perihal ini pula yang buat pantai ini pas buat kamu kunjungi dalam rencana melepas capek dari keramaian kota.

Kamu bakal bebas berlarian ke sana kemari disini, terasanya pantai pribadi. Samping barat pantai ini lumayan aman untuk bermain air. Kamu dapat juga bebas berfoto dengan beragam style tidak ada rasa malu karna tidak bakal beberapa orang yang memandangnya.

Alamat Serta Tempat Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terdapat di Kecamatan Tepus, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Untuk lebih detilnya, silakan lihat peta tempat Pantai Pok Tunggal lewat google map tersebut.

Rute Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal bisa ditempuh dengan kendaraan sekitaran sepanjang 1 jam dari pusat Kota Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Nah, untuk rute dari pusat Kota Yogyakarta, segera saja menuju ke jalan Jogja – Wonosari, ikuti selalu sampai Kota Wonosari.

Dari arah Solo juga sama, segera menuju ke arah jalan itu lewat jalan Prambanan Piyungan (dari Pasar Prambanan/depan Candi Prambanan) ke arah selatan mentok selalu ikuti Jalan Jogja – Wonosari.

Setelah tiba di Wonosari, silakan kamu ajukan pertanyaan ke pada warga setempat arah ke pertigaan Mulo. Dari pertigaan Mulo, bila lurus kamu bakal segera menuju Pantai Baron. Untuk ke Pantai Pok Tunggal, kamu angsung saja ambil arah kiri, saat tiba di pertigaan menuju Pantai Sundak, segera belok kanan.

Kamu bakal disambut oleh papan bertuliskan Pok Tunggal. Jalan yang dilewati untuk menuju kesini memanglah masih tetap rusak serta sedikit susah dilalui. Jadi mesti ekstra hati-hati serta bawalah kendaraan dalam keadaan yang sempurna. Mudah-mudahan saja saat ini jalannya telah diperbaiki serta lancar.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Untuk masuk pantai ini, kamu bakal dipakai tiket masuk seharga sekitaran Rp. 10. 000, -, parkir motor Rp. 3. 000, -, serta parkir mobil Rp. 5. 000, -. Untuk sewa payung pantai dihargai Rp. 20. 000, -. Untuk kamu yang bakal camping, ada tenda dome dengan tarif sewa Rp. 60. 000, -.

Sarana Yang Ada Di Pantai Pok Tunggal

Walau termasuk pantai yang relatif baru di buka untuk aktivitas wisata, sarana yang ada di Pantai Pok Tunggal lumayan komplit. Hal semacam ini dapat diliat karenanya ada tempat parkir, mushola, warung-warung kecil, payung pantai, tenda dome, serta kamar mandi/toilet.

Tetapi untuk beberapa jagalah, baiknya kamu membawa bekal sendiri dari tempat tinggal sesuai sama keperluan seperti topi, kacamata, sunblock untuk kulit, makanan, minuman, dan obat-obatan. Oya, jangan pernah ketingalan camera kamu ya, karna rugi banget bila tidak dapat mengabadikan pemandangan alam nan indah di sini.

Peta lokasi :

Bagaimana sahabat traveler? Telah membaca penjelasan mengenai Pantai Pok Tunggal dari saya? Bila telah, jadi kamu dapat segera mengagendakan kapan bakal bertandang ke pantai ini. Anjuran saya seh, datang ke Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul waktu musim kemarau atau cuaca cerah supaya dapat memperoleh spot photo yang bagus.

Baca juga : 10 Tempat Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *