Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Posted on

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga – Taman wisata Purbasari Pancuran Mas yang terdapat di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah ini mempunyai rencana wisata pendidikan terkecuali jadi fasilitas rekreasi untuk pengunjungnya. Tempat yang ada di desa jauh dari keramaian kota buat situasi yang tenang jadi tempat rekreasi untuk kembalikan kepenatan kesibukan keseharian serta pas untuk tempat edukasi mengenai flora serta fauna Indonesia.

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas mulai dibuat pada tahun 1993 oleh H. Sarimun Budi Purwanto yang awalannya adalah tempat koleksi sharing type ikan air tawar, dari mulai yang memiliki ukuran kecil sampai yang memiliki ukuran besar. Koleksi ikan yang begitu lengkap hingga dengan terdapatnya ikan raksasa Arapaima Gigas yang datang dari sungai di Amazon buat tempat ini makin di kenal orang-orang.

Baca juga : Wisata Curug Pitu Desa Kemiri Sigaluh Banjarnegara Yang Indah

Hoby menyatukan ikan serta jadi fasilitas belajar terutama mengenai type ikan tawar pada akhirnya didukung dari keluarga serta pemerintah daerah setempat, jadi tempat ini pada tahun 2001 di buka untuk umum jadi Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM) serta diresmikan oleh bupati Purbalingga Triyono Budi S ketika itu.

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Fasilitas-fasilitas jadi tempat rekreasi keluarga selalu dibenahi serta ditambah untuk kenikmatan pengunjung. Serta tidak lupa fasilitas wisata pendidikan sebagai maksud awal Purbasari Pancuran Mas selalu ditingkatkan.

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Sekarang ini Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas mempunyai wahana rekreasi :

  • Kolam renang serta water boom
  • Wisata Praon (perahu)
  • Taman Bermain
  • Kolam therapy ikan
  • Bioskop 3D

Wahana wisata Pendidikan

Wahana dunia air sebagai andalan obyek wisata ini dengan berbagai bermacam type ikan yang ada di tempat Akuarium eksotik, Planet Akuarium Toyoshuka, Akuarium Nusantara

  • Istana Burung yang mempunyai sebagian koleksi burung.
  • Taman unggas
  • Taman Buah Naga
  • Konservasi Rusa

Tidak ketinggal sarana umum berada di Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

  • Hall serba manfaat yang dapat dipakai untuk pertemuan, seminar, pernikahan, rapat serta beda sebagainya.
  • Home stay dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Kios souvenir
  • Purbasari Resto
  • Parkir luas didalam serta luar tempat wisata.

Tiket Masuk Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Dengan ticket masuk cuma Rp 16. 000 per orang untuk masuk kedalam semuanya wahana yang ada. Begitu ekonomis tetapi berkelas.

Alamat : Desa Purbayasa, RT. 03/RW. 02, Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah
Telepon : (0281) 6598666

Tempat Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas Purbalingga terdapat di Desa Purbayasa, RT 03 RW 02, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.Tempatnya ada di tepi jalan raya hingga begitu gampang diketemukan.

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Rute menuju Purbasari Pancuran Mas, dari Kota Purbalingga, jalan lurus melalui SMA N 1 Purbalingga, lampu merah Karang Sentul, jalan lurus selalu ke arah Purwokerto, hingga ketemu Pasar Padamara.Dari Pasar Padamara, ambillah arah ke kanan. Jalan sebentar dari Pasar Padamara, di samping kanan jalan, juga akan kita dapatkan Gerbang Masuk Purbasari Pancuran Mas Purbalingga.

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Bila dari arah Purwokerto, rutenya dapat lewat jalan Purwokerto-Padamara-Purbalingga. Setiba di Pasar Padamara, ambillah arah belok kiri lantas ketemu deh Purbasari Pancuran Mas di samping kanan jalan.Atau bila miliki Google Maps, tinggal masukan saja Purbasari Pancuran Mas serta ikutin deh rute jalannya. Begitu gampang temukan alamat Purbasari Pancuran Mas.

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Dalam perubahan saat sepanjang lebih dari 15 tahun ini, Purbasari Pancuran Mas sudah berkembang cepat dengan buat beragam wahana wisata baru terkecuali River World. Mengenai Wahana Wisata yang berada di Purbasari Pancuran Mas salah satunya seperti berikut :

1. River World

River World adalah wahana wisata berbentuk aquarium raksasa yang mengoleksi beragam type ikan dari beragam belahan dunia. Konon, ada sekitaran 200 type ikan air tawar yang berada di River World ini. Wah, banyak bener ya.River World ini pas banget jadi obyek wisata edukasi di Purbalingga karna pengunjung yang datang kesini dapat mengetahui beragam type ikan dari belahan dunia.Ikan-ikan yang berada di River World ini salah satunya ada Arapaima Gigas, Piranha, Aba-aba Amazone, yang ketiganya adalah type ikan yang menarik, baik ukuran ataupun memiliki bentuk.

2. Planet Aquarium Toyoshuka

Waktu saya lewat dibawah aquarium besar di Toyoshuka Planet Aquarium ini, saya seperti lewat dibawah pintu masuk Taman Pandai Jogja. Waktu masuk Taman Pandai Jogja, ada pula aquarium begini, dengan ikan-ikannya yang besar, serta dapat kita saksikan di samping kanan, kiri, serta dari atas kita.Toyoshuka Aquarium planet juga menaruh beragam koleksi ikan, dan sebagian bangunan populer didunia yang berupa mini.

3. Tangkap Ikan

Ruang tangkap ikan ini berbentuk aliran sungai kecil, seperti saluran irigasi, yang di dalamnya diisi beragam type ikan. Ujung dari aliran sungai kecil ini menghadap ke wahana wisata praon atau wisata air bebek-bebekan serta perahu.

4. Konservasi Rusa

Di konservasi rusa ini kita bisa lihat rusa-rusa yang cantik tengah bermain di kandangnya. Di dekat konservasi rusa ini ada taman yang cantik untuk beberapa photo, persawahan di belakangnya, serta ada pula kebun buah naga.

5. Wisata Air Terminal Praon

Semuanya wahana di Purbasari Panncuran Mas gratis, telah masuk kedalam harga ticket masuk, terkecuali Tempat Wisata Praon serta Theater 3D.Nah, di Terminal Praon ini, kita dapat menyewa bebek-bebekan air atau beramai-ramai naik perahu keliling perairan kolam yang cukup besar.Cukup hanya menyewa pelampung pengaman, kita bisa nikmati perahu wisata serta sepeda air dengan gratis.Cost sewanya 3 ribu per orang untuk perahu wisata serta 10 ribu rupiah per sepeda air.Anak-anak paling hoby nih diminta bermain disini.

6. Cinema 3 D

Untuk yang menyukai nonton film 3 dimensi, bisa pula masuk ke Theater 3 D di Purbasari Pancuran Mas, dengan membayar ticket masuk terlebih dulu.Tempat Cinema 3 D ini ada dimuka mushola dekat dengan pintu keluar serta Wisata Praon. Yang masuk ke Theater 3 D umumnya anak-anak muda atau anak-anak sekolah yang menyukai nonton film.

7. Kolam Renang serta Waterboom

Yang jadi incaran pengunjang juga nih, terlebih anak-anak, yakni kolam renang serta waterboom di Purbasari Pancuran Mas.Pengunjung tidaklah perlu membayar ticket masuk sekali lagi ke waterboom ini, karna telah masuk ke harga ticket masuk Purbasari Pancuran Mas.Waktu lihat kolam renang ini, Alya serta Fiqih juga segera minta turun serta berenang di kolam renang anak-anak.Sepenglihatan saya, ada 4 buah kolam renang disini, dengan 1 slide serta 3 waterboom. Seru banget ngelihat mereka bermain air, serta saya hanya dapat nonton, tidak bawa baju ganti soalnya hehehe.

8. Bird Park

Bird Park ini berupa satu taman, ada tempat untuk sekedar duduk enjoy, serta berisi berbentuk koleksi burung-burung yang dikandangkan dikirar burung yang besar.Bila menginginkan lihat burung onta, kita bisa bertandang ke Taman Burung ini. Tempatnya enak banget buat wisata keluarga serta wisata pendidikan.

9. Istana Burung

Bila di Bird Park kita lihat koleksi beragam type burung di taman terbuka, di Istana Burung ini, kita juga akan masuk ruang seperti kandang burung raksasa.Waktu keluar dari kolam renang serta waterboom, pengunjung diwajibkan untuk keluar lewat istana burung ini.Di istana burung, kita dapat melihat burung-burung terbang diatas kepala kita serta di sekitar kita, terkecuali sebagian koleksi burung yang ditempatkan di kandang juga.

9. Kebon Buah Naga

Kebun buah naga ini terdapat di samping konservasi rusa. Kebun buah naganya memanglah tidaklah terlalu luas, tapi pohon buah naganya begitu banyak.Sayangnya, waktu kita bertandang kesini buah naganya tidak sekali lagi buah. Bila buah semuanya, pastinya lebih cantik sekali lagi, dapat ambillah juga kali ya hehehe.Jalan sebentar dari kebun buah naga, ada jembatan cinta, kita dapat beberapa photo disini nih.Dibawah jembatan ini ada kuda nil dengan ukuran besar yang mengapung, bukanlah kuda nil beneran ya, tapi kuda nil buatan 🙂

10. Taman Bermain

11. Diorama Satwa

Wahana wisata diorama satwa berbentuk bermacam jenis binatang yang sudah diawetkan hingga pengunjung bisa mencermati binatang dengan lebih bebas.Binatang-binatang yang diawetkan ini yaitu koleksi binatang di Purbasari Pancuran Mas yang sudah mati karna tua, sakit, atau sebab beda dan ada pula koleksi binatang yang diawetkan hasil dari hibah orang-orang.

Nah, tersebut wahana-wahana wisata yang berada di Purbasari Pancuran Mas. Tahun-tahun yang akan datang, saya percaya wahana wisata yang berada di sini makin bertambah serta makin lengkap. Silahkan berikan di kolom komentar ya bila ada yang kurang.

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Untuk fasilitasnya, Purbasari Pancuran Mas mempunyai ruangan pertemuan, therapy pijit ikan, beberapa tempat photo selfie menarik, mushola, toilet, warung-warung makan, ruang parkir yang luas, gazebo, serta beberapa tempat penjualan souvenir.

Sekian narasi berlibur kita di Purbasari Pancuran Mas Purbalingga. Semoga pariwisata Purbalingga semakin maju…AMIN

Baca juga : Wisata Owabong Purbalingga Dan Harga Tiket Masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *