10 Daftar Ait Terjun Di Kudus Yang Populer

Posted on

10 Daftar Ait Terjun Di Kudus Yang Populer – Kabupaten Kudus terdiri atas 9 kecamatan, yang dibagi sekali lagi atas 123 desa serta 9 kelurahan. Pusat pemerintahan ada di Kecamatan Kota Kudus. Kudus adalah kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten Kudus terdiri jadi 3 lokasi pembantu bupati (kawedanan), yakni :

  • (1) Kawedanan Kota (Kec. Kota Kudus, Jati serta Undaan).
  • (2) Kawedanan Cendono (Kec. Bae, Dawe, Gebog serta Kaliwungu).
  • 3) Kawedanan Tenggeles (Kec. Mejobo serta Jekulo).

Gagasan kedepan, juga akan ada kecamatan baru yakni Kecamatan Kota Kudus Barat, Kota Kudus Timur serta Kecamatan Muria yang disebut pemecahan dari Kecamatan Dawe. Sedang untuk Kecamatan Jekulo, juga akan disiapkan jadi Ibukota Kabupaten Kudus, untuk Kota Kudus tetaplah beribukota di Kota Kudus.

Baca juga : 41 Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Bagus Serta Terkenal

Ada cukup banyak tempat wisata di Kudus wisata gunung,sejarah ataupun kota dalam kesempatan kali ini www.wisata-tanahair.com akan ulas tentang tempat wisata air terjun di Kudus.Untuk kalian travelers sejati, uda nyobain air terjun di Kudus? Let’s cek this one…

1. Air Terjun Monthel, Colo

Air Terjun Monthel, Colo
Air Terjun Monthel, Colo

Trav, Kudus memang tidak miliki pantai ya. Dengan kudus punyanya gunung, yaitu gunung muria. Tapi janganlah sedih, karna kudus menaruh banyak keindahan.
Satu diantaranya yang paling populer yakni air terjun Monthel. Untuk wisatawan yang ke daerah Colo untuk berwisata religi di makam Sunan Muria, umumnya sich meluangkan diri untuk wisata ke air terjun yang satu ini. Karna tempatnya yang masih tetap bisa dijangkau di satu tempat.

2. Air Terjun Watu Gompeng, Kuwukan Dawe

Air Terjun Watu Gompeng, Kuwukan Dawe
Air Terjun Watu Gompeng, Kuwukan Dawe

Air terjun di Kudus yang ke-2, yaitu dibawah kaki gunung Muria. Air terjun Watu Gompeng, pas di desa Kuwukan, kecamatan Dawe-Kudus. Panduan menuju tempat bila dari kota adalah menuju Dawe, Muria. Sebelumnya bank BRI Colo ada pertigaan belok kanan ikuti papan panduan. Dari pertigaan, jalanan mulai alami penurunan berkelok, sempit, serta tajam. So, travelers mending tidak usah naik mobil ya, Trav. Tempat parkir yang disiapkan masih tetap di halaman sekitaran warga. Jadi kita harus jalan kaki sekitaran sepuluh menit menuju tempat. Tenang Trav, perjalanan capek akan terbayar dengan suguhan gemericik air terjun Watu Gompeng yang fresh.

3. Air Terjun Gonggomino, Japan, Dawe

Air Terjun Gonggomino, Japan, Dawe
Air Terjun Gonggomino, Japan, Dawe

Dawe adalah satu diantara kecamatan yang berada di Kudus. Serta, sesudah di eksplore, Kudus terlebih Dawe menaruh banyak air terjun. Bila air terjun Monthel mesti ditempuh dengan jalan setapak yang rimbun pohon-pohon, air terjun Gonggomino bisa ditempuh dengan menyusuri sungai di lokasi itu. Air terjun ini masih tetap satu lokasi dengan air terjun Monthel. Jadi untuk Trav yang menginginkan terlalu lama bermain air, dapat ning segera menuju air terjun Gonggomino.

4. Air Terjun Kedung Gender, Dawe

Air Terjun Kedung Gender, Dawe
Air Terjun Kedung Gender, Dawe

Air terjun Kedung Gender ada di dukuh Waringin, Dawe-Kudus. Air terjun ini bisa dibuka lewat dukuh Ceglik di desa Japan. Sesampainya di desa Japan, juga akan ada banner atau papan panduan untuk menuju tempat. Sama dengan obyek wisata yang beda, air terjun Kedung Gender juga mempunyai tempat parkir di halaman warga. Dari tempat parkir menuju tempat juga akan menelan saat sekitaran sepuluh menit dengan menapaki rimba. Sesudah tampak aliran sungai, jadi itu adalah tandanya anda telah dekat dengan tempat, Trav.

5. Air Terjun Dong Paso, Dukuh Waringin Dawe

Air Terjun Dong Paso, Dukuh Waringin Dawe
Air Terjun Dong Paso, Dukuh Waringin Dawe

Kudus adalah satu kabupaten yang bersebelahan segera dengan kabupaten Jepara. Nah, pas di rimba lindung kecamatan Batealit dibawah pegunungan Muria, ada sungai Kedung Paso. Konon, nama itu di ambil karna ada beberapa kubangan air yang terjadi dari bebrapa bagian bebatuan atau tebing sungai mirip wadah air. Dalam bhs Jawa ” kedung ” bermakna sungai, sedang ” paso ” mempunyai makna wadah atau tempat air memiliki ukuran besar. Serta, memanglah benar, waktu Trav hingga ditempat ini, anda terasanya mempunyai bathup alami.

6. Air Terjun Kalibanteng, Rahtawu, Dawe

Air Terjun Kalibanteng, Rahtawu, Dawe
Air Terjun Kalibanteng, Rahtawu, Dawe

Air terjun Kalibanteng juga mempunyai julukan Sendang Jodho. Uniknya, air terjun ini bertingkat-tingkat, hingga mempunyai kubangan air yang tidak sama. Tingkat pertama ini juga terbagi dalam tiga air terjun yang berundak. Ada kubangan cukup besar di tiap-tiap jatuhan airnya. Tingkat ke-2 ada diatas tempat pertama. Bila menginginkan menjangkau tempat ini mesti naik melalui jalan setapak yang tidaklah terlalu jauh juga curam. Air terjun disini tidaklah terlalu tinggi. Tetapi arealnya cukup luas. Kubangannya juga cukup besar, hingga dapat dipakai untuk mandi. Tingkat ke-3 ini memiliki air terjun yang tidaklah terlalu tinggi. Untuk menjangkau tempat ini mesti memanjat tebing batu dari tempat ke-2. Hati-hati karna tebing ini cukup curam serta licin. Tingkat ke-4, air terjun di tempat tertekan diantara bebatuan tebing. Alirannya juga tampak kecil. Unik ya wisata air terjun ini, Trav.

7. Air Terjun Pengantin (Kembar), Piji, Dawe

Air Terjun Pengantin (Kembar), Piji, Dawe
Air Terjun Pengantin (Kembar), Piji, Dawe

Uniknya dari air terjun ini adalah air yang mengalir ke kubangan terbelah jadi dua sisi. Hingga warga seringkali menamainya jadi air terjun kembar atau pengantin yang tampak sepasang. Air terjun ada di daerah Piji, Dawe-Kudus. Dibawah kaki gunung Muria.

8. Air Terjun Terban, Kancilan, Jekulo

Air Terjun Terban, Kancilan, Jekulo
Air Terjun Terban, Kancilan, Jekulo

Air terjun yang ke-8 ini memanglah tidak setinggi air terjun yang berada di daerah Dawe ya, Trav. Pas ada dibawah gunung Patiayam yang bersebelahan dengan Kabupaten Pati, air terjun ini umumnya di nikmati remaja sepulang sekolah. Karna aksesnya yang tidaklah terlalu lama. Dianjurkan janganlah menggunakan mobil ya, Trav. Air terjun ini ada di Terban kecamatan Jekulo-Kudus.

10. Air Terjun Ternadi, Dawe

Air Terjun Ternadi, Dawe
Air Terjun Ternadi, Dawe

Ini adalah yang terahir dari 10 air terjun di Kudus. Satu sekali lagi air terjun di Dawe yaitu air terjun Ternadi. Air terjun ini pas ada di makam Kaliyetno jalan Watu Payung. Trav dapat menyusurinya lebih kurang 15 menitan kanan jalur track arah Watu Payung Ternadi.

Telah tuch Trav, uda ada 10 daftar Air Terjun di Kudus. Buruan cobain. Liburan tidak butuh yang beberapa elegan yang perlu meriah dengan rekan, keluarga, maupun si dia. Tungguin tulisan Hola-Halo Kudus yang beda ya, Trav..

Happy Holiday, Travelers….. Enjoy your time in Kudus, see ya…..

Baca juga : 15 Tempat Wisata di Semarang Yang Populer Untuk Di Kunjungi Wisatawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *