50 Tempat Wisata di Lombok Yang Paling Terkenal

Posted on

Tempat Wisata di Lombok Yang Paling Terkenal – Gudangnya object wisata indah bukan hanya Pulau Bali. Lombok yang tempatnya bersebelahan dengan Bali memiliki sebagian tempat yg tidak kalah menarik untuk dikilas balik. Tidak heran, apabila saat ini popularitas Lombok di mata sebagian wisatawan jadi bertambah mencolok.

Pulau Lombok yang masuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat terdiri jadi lima tempat pemerintahan, yakni :

Semasing tempat itu memiliki sebagian tempat yang menarik dan punyai kekhasan sendiri. Demikian wajar apabila seorang wisatawan tidak pernah bosan saat berkunjung ke Lombok. Nah, berikut ini yakni daftar 40 object wisata di Lombok berdasarkan pada wilayahnya :

Kota Mataram seringkali jadi persinggahan paling penting waktu di Pulau Lombok. Berikut ini yakni deretan object wisata yang bisa dikunjungi di tempat Kota Mataram :

1. Kota Tua Ampenan Lombok

Saat berada di Lombok, Anda mempunyai peluang untuk lihat hadirnya gedung-gedung tua yang memiliki arsitektur classic. Tempatnya di Kota Tua Ampenan yang dulu sempat dikenal jadi kota paling ramai dan yaitu kota pelabuhan paling penting di Lombok. Buktinya juga terpampang jelas, dengan hadirnya gedung-gedung tua yang hingga sekarang ini tetap masih berdiri di object wisata ini.

Apabila inginkan lihat kondisi Kota Tua Ampenan, tidak sangat sulit. Object wisata Kota Tua Ampenan yang dimaksud bagian dari tempat Kota Mataram bisa dijangkau dari Pelabuhan Lembar—pelabuhan yang menghubungkan Padangbai Bali dengan Lombok. Perjalanan dari Lembar menuju ke sini tidak sangat jauh, hanya menelan waktu perjalanan selama 1 jam.

Jadi menambahkan, Kota Tua Ampenan juga seringkali jadi persinggahan untuk sebagian wisatawan. Alasannya, karna di sini ada berbagai pilihan hotel murah. Selain itu, akses transportasi dari Ampenan menuju bermacam object wisata di Lombok bisa pula dijumpai dengan mudah.

2. Pura Taman Mayura

Pura Taman Mayura
Pura Taman Mayura

Kondisi yang classic bukan hanya bisa dijumpai di Kota Tua Ampenan. Jenis yang beda, Anda bisa pula tentukan berkunjung ke object wisata Pura Taman Mayura yang berada di Cakranegara. Tempat ini memang dikenal jadi ruangan bersejarah di Kota Mataram. Dasarnya, karna tempat ini yakni koloni dari Kerajaan Karangasem Bali.

Pura Taman Mayura juga yaitu satu di antara peninggalan dari Raja Anak Agung Made Karangasem dari Kerajaan Karangasem Bali. Bangunan yang dibuat pada th. 1744 ini memiliki design arsitektur yang indah. Tidak heran apabila banyak wisatawan yang berkunjung ke object wisata seluas 3 hektare ini.

Anda bisa pergi ke object wisata ini dari pusat Kota Mataram menggunakan angkutan umum atau taksi. Untuk masuk ke ruangan taman, sebagian pengunjung digunakan tarif masuk yang murah, yakni Rp5. 000, 00 per orang. Biaya itu sudah termasuk jasa pemandu wisata yang disediakan oleh pihak pengelola Pura Taman Mayura.

3. Pura Meru

Pura Meru
Pura Meru

Sempat jadi tempat dari Kerajaan Karangasem Bali, penganut agama Hindu di Lombok cukup tinggi. Hal itu terlihat dari hadirnya object wisata Pura Meru yang ada di Cakranegara yang dimaksud pura terbesar yang ada di Lombok. Usianya juga sudah tua, di buat pada masa ke 18.

Sebagian wisatawan yang datang ke object wisata ini bisa lihat kekhasan design arsitektur pura. Saat melalui jalanan, Anda akan diletakkan dengan hadirnya tiga meru bertingkat yang di buat dengan menggunakan atap memiliki bahan ijuk.

4. Mataram Mall

Mataram Mall
Mataram Mall

Apabila inginkan mencari tempat belanja yang nyaman di Lombok, tempat yang bisa dituju yakni Mataram Mall. Pusat perbelanjaan yang satu ini ada di Jl. Pejanggik, Cakranegara, Kota Mataram. Di object wisata ini, Anda akan dapatkan hadirnya dua bangunan, yakni Mataram Mall 1 dan Mataram Mall 2 yang bisa jadi tempat belanja bermacam tipe barang.

Kabupaten Lombok Barat juga memiliki sebagian obyek wisata menarik di Lombok. Berikut ini yakni deretan maksud wisata popular di Lombok Barat :

5. Pantai Senggigi Lombok

Pantai Senggigi Lombok
Pantai Senggigi Lombok

Sejak mulai dulu, Pantai Senggigi dikenal jadi object wisata paling popular di seantero Lombok. Pantai ini berjarak sekitaran 50 Km dari Pelabuhan Lembar. Jadi satu tempat wisata yang populer, fasilitas penunjang bisa dijumpai dengan mudah di sini. Mulai dari hadirnya hotel murah, sarana transportasi, jasa pemandu wisata, penyewaan alat-alat snorkeling, dsb.

Object wisata ini selalu ramai oleh sebagian pengunjung, baik siang ataupun malam hari. Terlebih, ada deretan hotel-hotel menawan sepanjang pantai. Mereka yang berkunjung ke tempat ini bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga sebagian turis mancanegara. Maklum saja, tempat ini memang seringkali disebutkan jadi pelopor yang mengenalkan wisata Indonesia di dunia internasional.

6. Pura Batu Bolong Lombok

Pura Batu Bolong Lombok
Pura Batu Bolong Lombok

Apabila berada di tempat Senggigi, Anda bukan hanya bisa lihat keindahan Pantai Senggigi. Object wisata Pura Batu Bolong juga sayang untuk ditinggalkan. Pura ini memiliki kondisi yang sama dengan Tanah Lot di Bali, terutama karna tempatnya yang ada di tepi pantai. Jadi menambahkan, pura ini memiliki kekhasan pada hadirnya batu berlubang yang ada di ruangan pura.

Untuk masuk ke object wisata ini, sebagian pengunjung harus membayar ticket masuk sebesar Rp20. 000, 00 per orang. Momen terbaik yang bisa di rasa waktu datang ke tempat ini yakni pada sore hari mendekati matahari terbenam. Saat itu, kesan eksotis akan Anda dapatkan—pemandangan pura dengan latar belakang langit berwarna jingga.

7. Pantai Sekotong Lombok

Pantai Sekotong Lombok
Pantai Sekotong Lombok

Pantai Sekotong bisa jadi pilihan object wisata menarik setelah itu di Pulau Lombok. Pantai yang berjarak 60 Km dari pusat Kota Mataram ini memiliki keindahan yang buat siapa juga terpukau. Terlebih, pantai ini yaitu pantai yang dikeliling oleh ruangan perbukitan, membuatnya jadi tempat yang bersih dan tidak seringkali terjamah tangan manusia.

Berbagai aktivitas bisa ditangani di object wisata ini. Airnya yang jernih, juga akan mengundang Anda untuk menyelami keindahan alam bawah lautnya. Selain itu, Anda bisa pula mengajak anggota keluarga atau rekanan rombongan untuk berkeliling belasan pulau kecil yang tempatnya berdekatan dengan Pantai Sekotong. Mulai dari Gili Asahan, Gili Monitor, Gili Tangkong, Gili Gede, Gili Sudak, Gili Nanggu, dsb.

8. Gili Sudak Lombok

Gili Sudak Lombok
Gili Sudak Lombok

Pulau indah di Lombok bukan hanya Gili Trawangan, Gili Meno, ataupun Gili Air. Gili Sudak dan Gili Kedis sekarang ini telah menjelma jadi object wisata yang banyak dilirik oleh wisatawan. Terutama karna ke-2 tempat yang ada di Sekotong Tengah, Lombok Barat ini menyuguhkan kondisi seperti satu pulau pribadi.

Di object wisata Gili Sudak, Anda akan lihat hamparan pasir putih yang menyelimuti seisi pulau. Pemandangan itu akan dihiasi oleh hadirnya deretan pohon cemara. Bukan hanya itu, Anda bisa pula lihat keindahan alam bawah laut yang penuh dengan keragaman hayati.

Perjalanan ke object wisata ini tidak sangat sulit. Anda hanya butuh melalui jarak pada Mataram dan Sekotong Tengah yang bisa dilalui selama 1 jam perjalanan. Lalu, perjalanan diteruskan dengan naik perahu motor yang mempunyai untuk enam orang. Sampailah Anda di Gili Sudak.

9. Gili Kedis Lombok

Gili Kedis Lombok
Gili Kedis Lombok

Gili Kedis menyuguhkan kondisi yang lebih lebih menarik di banding Gili Sudak. Terutama, karna object wisata ini yaitu satu pulau yang mempunyai ukuran lebih kecil di banding dengan Gili Sudak. Bahkan, untuk berkeliling pulau bisa ditangani kurun saat yang singkat, hanya 7 menit.

Karna ukurannya yang kecil, tentu Anda tidak akan bisa dapatkan fasilitas apa pun di pulau ini. Oleh karena itu, apabila inginkan sangat lama di object wisata ini, Anda harus menyiapkan perbekalan lebih dulu. Jadi sarana menginap, Anda bisa menemukannya di Gili Sudak.

10. Hutan Wisata Sesaot Lombok

Hutan Wisata Sesaot Lombok
Hutan Wisata Sesaot Lombok

Apabila Anda yakni tipe orang yang lebih gemari dengan kondisi alami didalam rimba, Lombok Barat memiliki pilihannya. Object wisata itu yakni Rimba Wisata Sesaot yang ada di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Object wisata ini demikian cocok untuk Anda yang inginkan berlibur dengan keluarga. Anda bisa mengajak anak untuk berkemah didalam rimba. Jangan sampai kuatir, Anda tidak akan sendiri. Pada musim liburan, Rimba Wisata Sesaot seringkali jadi tempat aktivitas outbond.

Bukan hanya itu, object wisata ini berikan tempat yang menarik untuk anak untuk saksikan keindahan alam dengan selekasnya. Terlebih, ada mata air fresh yang bersumber dari Gunung Rinjani di tempat ini. Bukan hanya itu, anak-anak bisa pula belajar dengan selekasnya dari beberapa orang Suku Sasak yang tinggal di Desa Sesaot.

Lombok Utara seringkali jadi persinggahan paling penting sebagian wisatawan. Alasan dasarnya, karna di sini yaitu tempat dari Gili Trawangan. Namun, apakah hanya ada object wisata Gili Trawangan di sini? Berikut ini yakni daftar obyek wisata popular di Lombok Utara :

11. Gili Trawangan Lombok

Object wisata pertama yang seringkali jadi tempat liburan di Lombok yakni Gili Trawangan. Pulau yang satu ini menawarkan berbagai aktivitas wisata. Anda bisa lihat keindahan alam bawah laut yang memukau, hamparan pasir putih yang luas, ataupun pemandangan matahari terbenam yang menarik.

Apabila menginginkan, Anda bisa pula berupaya untuk berkunjung ke dua pulau kecil lain yang tempatnya berdekatan dengan Gili Trawangan, yakni Gili Air dan Gili Meno. Apabila Gili Trawangan jadi tempat yang ramai dan seringkali ditangani pesta tepi pantai, Gili Meno dan Gili Air punyai kondisi yang lebih tenang.

Anda juga tidak butuh mengeluarkan uang banyak agar bisa berlibur di object wisata ini. Akses transportasi bisa ditangani dengan mudah dari Pelabuhan Bangsal atau bisa pula dari Padang Bai di Bali. Untuk tempat menginap, Anda bisa dapatkan hadirnya hotel-hotel murah di sini. Dengan kisaran harga mulai dari Rp200 sebagian ribu per malam.

12. Gili Air Lombok

Gili Air yaitu satu pulau kecil yang ada satu gugus dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Karna ukurannya yang kecil, Anda dapat juga memutari object wisata ini dengan jalan kaki hanya kurun saat 90 menit. Anda juga tidak butuh kuatir tersesat, karna jalan setapak yang ada di pulau ini semuanya menghadap ke tepi pantai.

Akses menuju ke object wisata ini bisa ditangani dari bermacam tempat. Mulai dari Gili Trawangan, Pelabuhan Bangsal, Pantai Senggigi, ataupun Pantai Padang Bai di Bali. Hanya saja, saat keberangkatan kapal menuju ke Gili Air lebih rendah di banding dengan jadwal kapal ke Gili Trawangan.

13. Gili Meno Lombok

Pulau ke-3 yang masuk dalam gugusan Kepulauan Gili di Lombok yakni Gili Meno. Di banding dengan Gili Air dan Gili Trawangan, Gili Meno yaitu pulau yang paling sepi. Terutama, ukuran object wisata ini lebih kecil di banding dengan ke-2 gili lain dengan jumlah orang-orang kurang lebih hanya 400 orang.

Meski begitu, Anda tetaplah bisa dapatkan hadirnya penginapan di object wisata ini. Tarif menginapnya juga tidak sangat mahal, mulai dari Rp100 ribu per malam. Mengenai sarana transportasi, Anda bisa menuju ke Gili Meno dari bermacam tempat. Mulai dari Gili Air, Gili Trawangan, Pelabuhan Bangsal, Pantai Senggigi, ataupun dari Pantai Amed di Bali.

14. Pelabuhan Bangsal Lombok

Pelabuhan yang satu ini yaitu pintu gerbang paling penting menuju ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air dan bisa ditempuh sekitaran 40 menit perjalanan dari Pantai Senggigi. Dari sini, sebagian wisatawan bisa dapatkan kapal feri yang pergi secara teratur menuju ke-3 object wisata itu. Tarif menyeberang dari Bangsal menuju ke-3 gili itu juga cukup murah, tidak hingga Rp20 ribu per orang.

Namun, jadwal keberangkatan kapal untuk semasing gili memiliki perbedaan. Kapal menuju Gili Trawangan bisa dijumpai mulai dari jam 8. 00 hingga 17. 00 WITA. Sebentar untuk ke Gili Meno, ada pada pukul 09. 00 – 14. 00 WITA. Terakhir apabila inginkan rasakan ketenangan di Gili Air, kapalnya pergi pada rentang 08. 00 – 11. 00 WITA.

15. Air Terjun Tiu Teja Lombok

Air Terjun Tiu Teja yaitu object wisata baru yang ada di Lombok Utara. Keberadaannya memang cukup tersembunyi, tertutup oleh rimba belantara di lereng Gunung Rinjani. Tidak heran apabila wisatawan kurang sekian kenali tempat ini. Kekhasan paling penting dari wisata alam terbaru ini yakni pada mempunyai bentuk yang berupa air terjun kembar.

Tidak sangat sulit apabila inginkan lihat keindahan object wisata ini. Tempatnya berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Apabila inginkan ke tempat ini, Anda perlu melalui perjalanan sekitaran 60 km dari Kota Mataram, dengan waktu tempuh mencapai 2 jam. Namun, lamanya perjalanan itu akan terobati oleh keindahan air terjun berjuluk air terjun pelangi ini.

16. Pantai Tebing Lombok

Di Lombok Utara, Anda juga akan dapatkan hadirnya pantai yang unik di Pantai Tebing. Pantai ini yaitu object wisata yang sekian waktu paling akhir popular di grup wisatawan lokal. Hadirnya tebing sepanjang 50 mtr. jadi kekhasan dari pantai ini. Sebagian wisatawan yang datang juga seringkali berfoto dengan latar belakang tebing itu.

Tempat object wisata ini berada di Dusun Luk, Desa Bangkol, Kecamatan Gangga. Beberapa orang sekitaran, lebih ketahui pantai ini dengan nama Pantai Luk. Akses menuju ke tempat ini tidak sangat sulit. Bisa dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Apabila naik kendaraan pribadi, Anda perlu melalui perjalanan sejauh 42 Km dari Kota Mataram. Selain itu, apabila inginkan naik kendaraan umum ke object wisata ini, bisa menuju ke Terminal Mandalika. Di sana, akan ada angkutan umum menuju ke Pantai Tebing dengan tarif Rp25. 000, 00 per orang.

17. Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gile di Senaru Lombok

Berkunjung ke Desa Senaru yang ada di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Anda akan bisa lihat dua air terjun indah, yakni Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile. Ke-2 object wisata alam ini keduanya sama memiliki pemandangan yang indah dan berikan kesegaran mata.

Berkunjung ke ke-2 air terjun ini, Anda akan rasakan kondisi yang sejuk. Terutama, karna object wisata ini berada di pada ketinggian 600 mdpl. Menariknya, air yang ada di ke-2 air terjun ini disadari memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit, lo. Walaupun, untuk kebenarannya belum ada pembuktian dengan ilmiah.

Desa Senaru jadi tempat dari ke-2 object wisata alam ini berjarak sekitaran 60 Km dari Kota Mataram. Butuh untuk di ketahui, tidak ada kendaraan umum yang melayani jalur transportasi menuju ke sini. Jadi, solusinya hanya menggunakan kendaraan pribadi. Sesampainya di Desa Senaru, Anda tetap masih harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki kurang lebih selama 30 menit.

18. Pantai Nipah Lombok

Ada tidak jauh dari Pantai Senggigi, Pantai Nipah bisa jadi object wisata yang masuk dalam daftar kunjungan Anda di Lombok. Dari Senggigi, Anda hanya butuh waktu perjalanan selama 20 menit. Perjalanan juga akan terasa mengasyikkan, karna ditemani oleh pemandangan ruangan bukit yang hijau.

Di object wisata ini, Anda juga akan rasakan kondisi yang jauh berbeda dengan Pantai Senggigi. Apabila di Senggigi suasananya demikian ramai, Pantai Nipah yaitu pantai yang sepi pengunjung. Pemandangan yang ada ditempat ini tidak kalah indahnya.

Seperti di Pantai Senggigi, Anda bisa lihat pemandangan matahari terbenam yang menarik di Pantai Nipah. Menariknya lagi, Anda juga tidak butuh mengeluarkan uang untuk ticket masuk ke object wisata ini. Cukup bayar tarif parkir kendaraan, jadi Anda bisa bebas beraktivitas di ruangan pantai.

19. Air Terjun Kerta Gangga Lombok

Satu lagi object wisata air terjun yang indah di Pulau Lombok, yakni Air Terjun Kerta Gangga. Air terjun ini ada di Dusun Kerta yang masuk dalam tempat Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Menariknya, Anda bukan hanya bisa lihat keindahan satu air terjun, tapi tiga air terjun sekalian.

Di object wisata ini, memang ada tiga air terjun. Ketiganya semasing disebut dengan nama Air Terjun Kerta Gangga 1, 2, dan 3. Anda dapat juga mempunyai peluang untuk mandi di ke-3 air terjun itu. Namun, Anda juga perlu siaga karna kolam di air terjun ini cukup dalam, mencapai 2 m.

Ticket masuk ke ruangan object wisata ini cukup murah. Anda hanya digunakan biaya sebesar Rp5. 000, 00 per orang. Tarif itu sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Kabupaten Lombok Tengah jadi tempat yang penuh dengan object wisata menarik. Berikut ini yakni beberapa daftar obyek wisata popular yang ada di Lombok Tengah :

20. Pantai Kuta Lombok Lombok

Pantai Kuta Lombok yang ada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut berjarak kurang lebih 50 Km dari Kota Mataram, bisa jadi pilihan tempat memakai waktu liburan setelah itu. Pantai ini berada di pesisir selatan Pulau Lombok dan tempatnya berdekatan dengan sebagian obyek wisata, satu diantaranya yakni Pantai Tanjung Aan, Desa Sade, Pantai Seger, Pantai Selong Belanak, ataupun Pantai Putri Nyale.

Object wisata yang satu ini memiliki keindahan yg tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali. Anda akan dapatkan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih dan luas di sini. Fikirkan saja, Pantai Kuta Lombok ini punyai garis pantai yang demikian panjang, mencapai 7, 2 Km. Selain itu, air laut di tempat ini bersih, seolah mengundang siapa juga untuk menceburkan diri ke dalamnya.

21. Pantai Seger Lombok

Apabila tetap masih belum suka dengan keindahan Pantai Kuta Lombok, Anda bisa pula melanjutkan perjalanan ke Pantai Seger. Object wisata yang satu ini tempatnya berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok. Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan ke arah timur sejauh 4 Km. Di sini, Anda bisa lihat pemandangan matahari terbenam yang menarik dari atas bukit.

Kecuali memiliki pemandangan matahari terbenam yang menarik, pantai ini seringkali jadi tempat olahraga selancar favorite. Dengan ombaknya yang tinggi, sebagian peselancar bisa rasakan keseruan sendiri di object wisata ini. Untuk masuk ke ruangan pantai, Anda juga tidak butuh membayar mahal, hanya digunakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp10 ribu.

22. Pantai Putri Nyale Lombok

Tidak jauh dari Pantai Seger, Anda bisa pula menyempatkan datang ke Pantai Putri Nyale. Jarak object wisata ini hanya selemparan batu dari Pantai Seger. Selain itu, pantai ini memiliki hamparan pasir yang indah. Di banding dengan pantai-pantai lain di Lombok, kondisi di pantai ini relatif lebih sepi. Cocok untuk Anda yg tidak gemari dengan keramaian.

Satu hal jadi kekhasan dari object wisata Pantai Putri Nyale ini yakni cerita legenda Putri Mandalika. Bahkan, untuk menggambarkan legenda itu, ada Monumen Putri Nyale yang ada di pinggir pantai. Selain itu, di sini ada juga rutinitas unik yang disebut dengan Bau Nyale.

Dalam rutinitas ini, beberapa orang akan berlomba mencari binatang laut yang mempunyai bentuk sama cacing—oleh beberapa orang disebut dengan nyale. Konon, cacing nyale itu yaitu jelmaan Putri Mandalika yang tentukan terjun ke tengah laut daripada harus dipersunting oleh pangeran.

23. Desa Sade Lombok

Object wisata setelah itu yang ada tidak jauh dari Desa Kuta yakni Desa Sade. Di sini, Anda akan bisa lihat dengan selekasnya kehidupan Suku Sasak yang dikenal jadi orang-orang asli Pulau Lombok. Beberapa orang yang tinggal di Desa Sade juga tetap masih senantiasa berusaha untuk melestarikan budaya yang diturunkan dengan turun temurun.

Di desa yang berjarak sekitaran 6 Km dari Desa Kuta ini, Anda bisa lihat hadirnya beberapa rumah tradisionil miliki orang-orang. Mereka tetap masih menggunakan sebagian bahan tradisionil untuk pembangunan rumah, mulai dari tiang kayu, atap dari alang-lang kering, hingga dinding dari bambu.

Ada hal menarik lain yang bisa dijumpai di tempat ini, terutama terkait kebiasaan warga Desa Sasak dalam menggunakan kotoran kerbau. Kotoran itu mereka gunakan sehari-harinya untuk bersihkan rumah. Dalam kepercayaan beberapa orang di object wisata ini, kotoran kerbau berguna untuk mengusir serangga dan serangan magis.

24. Pantai Tanjung Aan Lombok

Perjalanan menyusuri pantai-pantai indah di sekitaran Desa Kuta tetap masih belum usai. Anda bisa pula lihat keindahan Pantai Tanjung Aan yang dikelilingi oleh ruangan perbukitan. Salah nya adalah Bukit Merese yang dimaksud object wisata popular yang beda di Pulau Lombok. Untuk menjangkau pantai ini, Anda hanya butuh melanjutkan perjalanan selama 12 menit dari Pantai Seger.

Pantai Tanjung Aan yaitu pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. Kekhasan paling penting yang dipunyai Tanjung Aan yakni pada susunan pasirnya. Berbeda dengan pantai lain, pasir Pantai Tanjung Aan memiliki ukuran yang cukup besar, seperti merica. Selain itu, Anda bisa pula kerjakan bermacam aktivitas di object wisata ini, mulai dari berenang, snorkeling, selancar, ataupun hanya lihat pemandangan dari tepi pantai.

25. Bukit Merese Lombok

Berkunjung ke Kuta Lombok, Anda juga tidak dapat melupakan hadirnya Bukit Merese. Object wisata ini berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan dan akses masuknya bisa dilewati baik oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat. Sesampainya di atas bukit, Anda akan bisa lihat pemandangan yang memukau siapa saja. Bahkan, banyak yang menyebutkan pemandangan di sini bak pemandangan di negeri lain.

Dari padang rumput atas bukit ini, Anda akan bisa menjumpai hadirnya kerbau yang tengah mencari makan. Selain itu, Anda dapatkah lihat pemandangan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian. Namun, sedikit aktivitas yang bisa ditangani di sini. Anda hanya bisa bersantai sembari berburu foto instagrammable atau menunggu hadirnya waktu matahari terbenam.

26. Pantai Selong Belanak Lombok

Object wisata yang menarik setelah itu di Lombok yakni Pantai Selong Belanak. Pantai yang ada di tempat administratif Kabupaten Lombok Tengah ini ada 19 Km ke arah barat dari Pantai Kuta Lombok dan ada pada satu jalur perjalanan. Akses menuju ke tempat ini cukup mudah. Bisa ditempuh kurun saat 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok.

Object wisata ini seperti satu pantai yang tersembunyi, diapit oleh dua bukit. Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai yang cukup panjang, mencapai 1 Km. Pasir pantai lembut serta ombak yang tidak sangat besar jadi pemandangan yang berikan kesegaran di sini. Mereka yang datang ke sini juga biasanya tidak melupakan kesempatan untuk belajar selancar. Terlebih, ada fasilitas penyewaan papan sekalian kursus selancar.

27. Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Air Terjun Benang Kelambu di kaki Gunung Rinjani juga jadi pilihan object wisata alam yang menarik untuk didatangi. Terutama untuk yang suka pada foto narsis untuk diunggah ke Instagram. Foto dengan latar belakang air terjun yang memiliki bentuk seperti tirai ini akan demikian menarik.

Air terjun yang ada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah ini memang punyai pemandangan indah. Sejatinya, air terjun pada object wisata ini datang dari beberapa mata air. Namun, karna hadirnya mata air itu tertutup oleh tumbuhan yang rimbun, terlihat seperti kelambu.

Selain itu, ada kekhasan lain yang bisa dijumpai di object wisata ini. Air Terjun Benang Kelambu ini yaitu air terjun yang punyai tiga tingkat. Tingkat pertama memiliki ketinggian 30 mtr.. Sebentar air terjun tingkat ke-2 dan ke-3 semasing 10 mtr. dan 5 mtr..

28. Pantai Semeti Lombok

Pantai Semeti jadi pantai tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi di Lombok Tengah. Karna tempatnya yang memang susah dijangkau itu, tidak heran apabila object wisata ini tetap masih berupa satu pantai yang perawan dan tetap masih sepi pengunjung.

Di object wisata Pantai Semeti ini, Anda benar-benar bisa lihat keindahan alam yang menarik. Tidak butuh berenang dalam laut agar bisa lihat keragaman biota laut di sini. Anda cukup jalan di tepi pantai dan lihat suguhan pemandangan di akuarium alami yang ada disana.

Hadirnya batu-batu karang di tepi pantai memang buat beberapa akuarium alami yang bisa disaksikan dengan selekasnya. Di situ, Anda akan lihat hadirnya hewan-hewan laut yang berenang bebas.

Object wisata Pantai Semeti ini ada di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Berjarak kurang lebih 60 Km yang bisa ditempuh kurun saat 2 jam perjalanan dari Kota Mataram. Selain itu, pantai ini berdekatan dengan Pantai Selong Belanak, kurang lebih 5 Km.

29. Batu Payung Lombok

Satu lagi object wisata pantai jadi tempat foto favorite sebagian wisatawan, yaitu Pantai Batu Payung. Di tempat ini, Anda akan bisa menjumpai batu karang besar yang mempunyai bentuk seperti payung sampai oleh beberapa orang setempat disebut dengan nama Pantai Batu Payung.

Hanya saja, kecuali hadirnya batu besar itu, object wisata ini tidak memiliki daya tarik lain. Anda tidak akan rasakan hamparan pasir putih yang lembut di sini. Pantai ini yaitu pantai yang memiliki susunan batu karang. Beberapa besar wisatawan yang datang ke tempat ini, memakai waktunya untuk foto dengan latar belakang batu berbentuk payung.

Tidak sekian sulit untuk menjangkau object wisata ini. Pantai Batu Payung tempatnya berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan. Dari Tanjung Aan, Anda hanya perlu jalan kaki kurang lebih 30 menit agar bisa hingga ke tempat ini.

Berada di ujung timur Pulau Lombok, tidak menjadikan Kabupaten Lombok Timur jadi tempat yang minim object wisata. Bahkan, di sini sebagian wisatawan bisa menjumpai hadirnya maksud wisata yang berbagai. Berikut ini yakni deretan obyek wisata popular di Lombok Timur :

30. Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

Untuk yang menyukai bertualang, Taman Nasional Gunung Rinjani jadi object wisata yang cocok. Di sini ada Gunung Rinjani yang dimaksud gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia—setelah Gunung Kerinci. Tidak lupa, Anda bisa pula lihat keindahan Segara Anak yang berada di kaldera Gunung Rinjani.

Apabila Anda inginkan mendaki Gunung Rinjani, lebih dulu harus kerjakan pemesanan kepada pihak pengelola object wisata ini. Bisa dengan selekasnya menuju kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani di alamat Jl. Arya Banjar Getas Lingkar Selatan Kota Mataram. Ada dua pintu masuk jalur pendakian, yakni Pintu Masuk Sembalun dan Pintu Masuk Senaru.

31. Desa Sembalun Lombok

Desa Sembalun yang berjarak 90 Km dari Kota Mataram bukan hanya jadi tempat pintu masuk jalur pendakian Gunung Rinjani. Desa Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani ini jadi pilihan object wisata menarik. Karna berada di dataran tinggi, Anda akan rasakan kondisi yang sejuk.

Di sini, Anda juga akan dapatkan suguhan pemandangan yang alami. Pemandangan hijau bisa disaksikan ke mana juga mata lihat. Tidak heran apabila sebagian pendaki seringkali memakai waktu cukup lama di object wisata ini. Walaupun, hanya untuk hanya melepas lelah sembari berfoto narsis.

32. Puncak Pergasingan Lombok

Apabila Anda memiliki waktu yang singkat dan tidak sempat mendaki ke Gunung Rinjani, Puncak Pergasingan bisa jadi alternatif. Object wisata ini yaitu satu bukit yang berada di Desa Sembalun dengan ketinggian mencapai 1. 700 mtr. di atas permukaan laut (mdpl).

Dari atas bukit, Anda akan bisa lihat pemandangan yang unik. Pemandangan itu yakni, petak-petak sawah miliki beberapa orang Desa Sembalun yang terlihat berwarna-warni. Apabila inginkan lihat keindahan di object wisata Puncak Pergasingan, ticket masuknya murah, hanya Rp15. 000, 00 per orang.

33. Rimba Bambu Sembalun Lombok

Rimba Bambu Sembalun jadi object wisata lain yang bisa dikunjungi di Desa Sembalun. Di sini, Anda akan lihat hadirnya rimba bambu yang telah ditata secara teratur oleh beberapa orang setempat. Penyusunan ini yaitu usaha beberapa orang setempat untuk menjadikan Sembalun jadi desa wisata.

Di object wisata ini, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah. Terlebih untuk sebagian pencinta foto selfie yang sering mengunggah fotonya ke Instagram. Foto selfie dengan latar belakang rimba bambu bisa jadi foto yang menarik, lo!

34. Air Terjun Mangku Sakti Lombok

Di Kabupaten Lombok Timur, Anda bisa pula lihat hadirnya object wisata air terjun yang indah. Tempat itu yakni Air Terjun Mangku Sakti yang berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Tempat ini berjarak kurang lebih 60 Km dari Kota Mataram. Kemudian, untuk menuju ke tempat air terjun, Anda bisa naik ojek dengan tarif Rp50 ribu pulang – pergi.

Tarif ojek itu memang terkesan cukup mahal. Namun, jalur yang butuh dilalui memang sulit, berupa ruangan rimba. Selain itu, akses menuju ke tempat object wisata Air Terjun Mangku Sakti juga cukup jauh, mencapai 3 Km. Terlebih, tukang ojek itu juga melakukan tindakan jadi seorang pemandu dan portir.

Sesampainya ditempat object wisata Air Terjun Mangku Sakti, Anda akan diletakkan dengan aliran air yang berwarna biru kehijauan. Selain itu, Anda bisa pula menyusuri aliran air dari Air Terjun Mangku Sakti agar bisa dapatkan hadirnya air terjun ke-2, yaitu Air Terjun Mangku Kodek.

35. Wisata Pohon Purba Lian Lombok

Saat berada di Lombok, Anda dapatkah menjumpai object wisata yang berikan kondisi ala film The Hobbit. Tempat itu yakni Wisata Pohon Purba Lian yang ada di Dusun Menanggabaris, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Butuh waktu perjalanan selama 2, 5 jam agar bisa menjangkau tempat ini.

Kekhasan paling penting dari tempat ini yakni pada hadirnya pohon-pohon berusia sebagian ratus th. yang menjulang tinggi. Konon, pohon-pohon ini telah ada sejak mulai zaman penjajahan Belanda. Pohon-pohon itu berjenis pohon lian dan memiliki diameter batang mencapai 5m dan tinggi 50m. Berdiri di samping pohon, Anda akan merasa seperti Bilbo Baggins, tokoh paling penting dalam film The Hobbit.

36. Pantai Pink Lombok

Pantai unik di Lombok bukan hanya Pantai Tanjung Aan yang memiliki pasir seperti butiran merica. Di Lombok, ada pula object wisata lain yg tidak kalah unik, yakni Pantai Pink. Sama seperti namanya, pantai yang ada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini memiliki pasir berwarna kemerahan.

Warna kemerahan pada pasir di object wisata ini keluar karna tercampur dengan serpihan terumbu karang berwarna merah. Warna kemerahan itu akan terlihat demikian mencolok saat pasir diserang air laut. Terlebih, apabila Anda datang ke tempat ini pada kondisi yang cerah.

Apabila Anda tertarik menuju ke object wisata ini, perjalanan yang butuh dilalui cukup jauh. Jarak pada Kota Mataram dengan Pantai Pink mencapai 90 Km. Butuh waktu perjalanan selama 2 jam agar bisa menuju ke sini.

Jangan sampai kuatir, ada banyak tempat menarik lain yang bisa dijumpai waktu datang ke sini. Satu diantaranya yakni Tanjung Ringgit, Gua Jepang, ataupun Pantai Tanjung Beloam.

37. Tanjung Ringgit Lombok

Tanjung Ringgit bisa jadi tempat persinggahan saat datang ke Pantai Pink. Keduanya keduanya sama masuk dalam tempat Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Bahkan, jarak pada ke-2 tempat ini bisa dijangkau lewat langkah jalan kaki. Maklum saja, keduanya hanya terpisah sejauh 1 Km.

Di object wisata ini, Anda akan bisa lihat hadirnya pemandangan tebing karang yang indah. Sebagian pencinta fotografi akan terpuaskan waktu datang ke tempat ini. Pemandangannya akan terlihat semakin menarik saat diabadikan dalam satu foto. Ditambah lagi, tempat ini sepi pengunjung. Jadi, Anda bisa suka berfoto-foto di tempat ini.

38. Gua Jepang Lombok

Object wisata Gua Jepang ini ada di Tanjung Ringgit. Di tempat ini, Anda akan menjumpai hadirnya sebagian sisa markas perang Jepang. Salah satunya yang menarik perhatian masing-masing pengunjung yakni satu meriam.

Hadirnya Gua Jepang ini memperlihatkan bagaimana pentingnya peran Tanjung Ringgit untuk tentara Jepang. Terutama, dalam menahan serangan dari pasukan sekutu. Meriam yang ada di object wisata ini memiliki kondisi yang cukup teratasi, dengan panjang 5 m dan diameter 27 cm.

39. Pantai Tanjung Beloam Lombok

Object wisata setelah itu yang bisa disinggahi waktu datang ke Pantai Pink yakni Pantai Tanjung Beloam. Tempatnya memang berdekatan dengan Pantai Pink ataupun Tanjung Ringgit, tetap masih berada di tempat Kecamatan Jerowaru. Di sini, ada hotel yang bisa menjadikan alternatif tempat menginap, yakni Hotel Jeeva Beloam.

Sesampainya di object wisata Pantai Tanjung Beloam, pemandangannya akan buat Anda terkagum-kagum. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing karang mempunyai ukuran besar dan ada hamparan pasir putih yang tidak sangat luas. Anda dapat juga terjun dan berenang di ruangan pantai.

40. Pantai Cemara Lombok

Sedikit yang kenali hadirnya Pantai Cemara yang ada di Lombok Timur ini. Object wisata ini memang seringkali disebutkan jadi satu di antara pantai tersembunyi. Terlebih, tempatnya jauh. Di ujung timur Lombok, berdekatan dengan Tanjung Ringgit dan masuk dalam tempat Desa Pemokong, Kecamatan Jerowaru.

Perlu jadi catatan, ada dua object wisata bernama Pantai Cemara. Pantai Cemara yang beda berada di tempat Kabupaten Lombok Barat, tidak jauh dari tempat Pelabuhan Lembar.

Jadi satu pantai tersembunyi, Anda bisa bersantai tidak ada problem di object wisata ini. Pemandangannya juga indah. Dengan hadirnya hamparan pasir putih yang diselingi oleh hadirnya rerumputan dan pohon cemara.

Mereka yang datang ke object wisata ini biasanya yakni warga lokal. Aktivitas yang umum ditangani di sini cukup berbagai. Mulai dari hanya piknik, memancing, berenang, atau bahkan juga ada juga juga yang angon sapi.

Pastinya 40 object wisata itu hanya sebagian kecil obyek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Banyak tempat lain yang bisa Anda susuri selama berkunjung ke Pulau Lombok. Terlebih, saat ini akses transportasi menuju ke Lombok bisa lebih mudah. Ada akses dari udara, laut, ataupun darat.

Dengan bermacam kemudahan sama seperti itu, tentu akan disayangkan apabila keindahan object wisata di Lombok tidak bisa di nikmati oleh warga Indonesia sendiri. Ditambah lagi, keindahan alam Pulau Lombok sudah diakui oleh dunia internasional. Banyak yang menyebutkan Lombok punyai keindahan yang menyamai Hawaii. Yuk, berlibur ke Pulau Lombok

Baca juga : 11 Aktivitas Wisata Di Lombok Yang Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *