10 Oleh-Oleh Khas Palembang Yang Populer

Posted on

Oleh-Oleh Khas Palembang Yang Populer – Palembang adalah satu di antara kota besar di Indonesia yang jadi maksud wisata. Jadi pusat budaya dan pewaris Kerajaan Sriwijaya, anda akan dapatkan beberapa hal menarik di sini. Apabila tidaklah wisata, pasti kuliner lezat yang bisa anda bawa pulang jadi oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman. Apa saja sih pilihannya? Simak keterangan di bawah ini.

Kue Harum juga harus masuk dalam keranjang belanjaan. Tokonya ada di Jalan Merdeka Nomor 811. Ada bermacam tipe kue yang enak. Mulai dari ngkak Ketan, Bolu Kojo, Bluder, Manan Sahmin, Engkak Ketan, Engkak Medok, Engkak Kecut, Maksuba, hingga Kue Lapan jam.

1. Kue Harum Palembang

Kue Harum Palembang
Kue Harum Palembang

Bila bicara problem Palembang, pasti ingat dengan pempek. Makanan keunikan ini saat ini sudah ada yang dijual berupa paket oleh-oleh. Variannya banyak dan pastinya, keaslian perasaan terbangun. Ada pempek panggang hingga lenggang, enaknya buat mabuk kepayang.

2. Pempek Palembang

Pempek Palembang
Pempek Palembang

Apabila masuk ke pusat perbelanjaan di Palembang atau toko oleh-oleh coba saksikan lebih jeli. Anda bisa dapatkan bawang goreng pedas yang spesial dan di buat dengan bumbu ala Bumi Sriwijaya. Perasaan tidak umum karna ada pedasnya.

3. Bawang Goreng Palembang

Bawang Goreng Palembang
Bawang Goreng Palembang

Perasaan kurang lengkap apabila pulang tapi tidak membawa Martabak Har. Kuliner legendaris yang sudah ada sejak mulai Indonesia tetap masih belia, persisnya di th. 1947. Karna kelezatannya, makanan ini umum diikutkan juga dalam acara besar seperti pernikahan.

4. Martabak Har Palembang

Martabak Har Palembang
Martabak Har Palembang

Di kota ini kenyataannya ada pula dodol. Namanya adalah lempok, ada pada paket yang mungil dan memiliki rasa enak. Satu di antara yang popular adalah Lempok Durian. Bahan dasarnya adalah daging durian asli lho.

5. Lempok Durian Palembang

Lempok Durian Palembang
Lempok Durian Palembang

Yang setelah itu adalah salai yaitu ikan yang diawetkan dengan pengasapan. Anda bisa tentukan yang sesai dengan selera. Satu diantaranya ada kan gabus, patin hingga ikan lais. Di Palembang sendiri, bahan itu bisa di buat jadi pindang.

6. Ikan salai Palembang

Ikan salai Palembang
Ikan salai Palembang

Kue Maksuba juga jadi oleh-oleh andalan. Mempunyai bentuk serupa kue lapis dengan rasa keunikan. Untuk beberapa orang Palembang, kuliner ini memiliki makna sendiri dan biasanya dihidangan saat acara khusus seperti pernikahan dan lebaran.

7. Kue Maksuba Palembang

Kue Maksuba Palembang
Kue Maksuba Palembang

Bahkan juga ada juga yang seunik kue delapan jam. Disebut sekian karna system membuatnya memang butuh waktu hingga 8 jam. Di zaman dulu, kue ini adalah hidangan untuk sebagian bangsawan.

8. Kue 8 Jam Palembang

Kue 8 Jam Palembang
Kue 8 Jam Palembang

Sambal Lingkung adalah oleh-oleh yang pas untuk yg tidak gemari pedas. Apabila sambal pada umunya berwarna merah. Yang ini mempunyai bentuk seperti abon dan bercita rasa gurih karna di buat dari ikan.

9. Sambal Lingkung Palembang

Sambal Lingkung Palembang
Sambal Lingkung Palembang

Yang sekian waktu paling akhir keluar adalah Quenroll, kue artis yang dikenalkan oleh Sandra Dewi. Makanan ini sama dengan cheese cake dan ada pada bermacam rasa. Mulai dari green tea, cheese lovers, choco melt, durian, salted peanut butter hingga pineapple.

10. Queenroll Palembang

Queenroll Palembang
Queenroll Palembang

Itu beberapa kuliner Palembang yang bisa dibawa pulang jadi oleh-oleh. Mana nih yang jadi favoritmu?

Baca juga : 20 Tempat Wisata di Palembang Yang Paling Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *