18 Keindahan Gunung Andong di Magelang Jawa Tengah

Posted on

Gunung Andong – Pekerjaan untuk nikmati keindahan alam Indonesia dapat dengan beberapa langkah. Dapat island hopping, snorkeling, diving, dan mendaki gunung. Terakhir naik gunung jadi perihal sangat banyak disukai. Nah, untuk Rekan Traveler yang baru pertama-tama mendaki, Gunung Andong dapat jadi rekomendasinya. Apakah alasannya? Tersebut pembicaraan Kontributor Travelingyuk, Pradikta Kusuma mengenai gunung yang aman buat pendaki pemula.

1. Tingginya Ramah untuk Pendaki Pemula

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Dengan ketinggian 1726 mdpl, Gunung Andong yang disebut wisata di Magelang ini dapat disebutkan ramah untuk beberapa pemula. Tidak butuh waktu lama agar bisa meraih puncaknya, sebab cuma cukuplah meniti perjalan kira-kira 2-3 jam dengan kemampuan fisik yang konstan. Perlengkapan pendakian yang dibawa juga tidak berlebihan.

Jalan dari basecamp sampai puncak dapat juga disebutkan selalu naik serta minim jalan landai. Akan tetapi, jalan itu dapat disebutkan nyaman sebab tidak sangat panjang. Ketinggiannya tidaklah terlalu berlebihan hingga tidaklah terlalu kuras tenaga beberapa pendaki pemula

2. Jalan Pendakian yang Aman serta Mudah

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Ada banyak jalan pendakian untuk sampai puncak Andong. Akan tetapi yang sangat umum serta gampang yakni lewat Dusun Sawit. Basecamp pendakian juga begitu gampang dijangkau dengan kendaraan umum ataupun pribadi, sebab masih tetap terdapat satu lokasi dengan lokasi wisata Kopeng, Salatiga.

Jalan pendakian ini dapat disebutkan cukuplah gampang. Selama jalan, medan berupa tangga dari batuan serta beberapa diperlengkapi dengan bambu. Titik-titik berlebihan juga tidak didapati selama jalan. Tidak butuh cemas tersesat, sebab banyak rambu yang tunjukkan jalan ke arah puncak. Di dalam perjalanan juga ada dua pos yang bisa jadikan tempat untuk beristirahat atau berteduh waktu cuaca tengah hujan.

3. Panorama Alam yang Memesona

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Walau ketinggiannya tidak berapa, gunung di Jawa Tengah ini mempunyai panorama yang tidak kalah memikat. Jejeran pegunungan seperti Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, serta Telomoyo tampak gagah serta memanjakan mata.

Hamparan kota Magelang serta Salatiga dari kejauhan juga meningkatkan latar panorama yang menarik. Ditambah lagi bila malam sudah hadir, kerlap-kerlip lampu kota berpadu dengan sinar bintang jadi panorama yang prima. Menyeruput secangkir kopi panas ditemani panorama yang aduhai ini, juga bakal membuai tiap-tiap pendaki.

4. Ada Warung di Puncak

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Ini salah satunya kelebihan dari Gunung Andong. Menjadi Rekan Traveler tidak butuh membawa logistik kebanyakan sebab diatas puncak gunungnya ada satu warung yang menjual menu cukuplah komplet. Seperti teh hangat, gorengan, mie, sampai nasi pecel. Untuk harga nya juga masih tetap termasuk standard untuk ukuran warung di puncak gunung. Teh hangat cuma Rp3.000, sesaat gorengan Rp2.000/biji.

Bila malas membawa logistik, Rekan Traveler dapat memakai daypack. Akan tetapi, bila berpedoman keyakinan ‘hemat pangkal kaya’, jadi dianjurkan untuk membawa logistik yang memenuhi untuk dibuat di puncak. Menariknya, pendaki dapat juga bermalam di dalam warung bila memang tidak membawa tenda. Pasti dengan catatan waktu kondisi gunung tidak demikian ramai.

5. Ada Sumber Air serta Pas untuk ‘Tektok

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Air adalah keperluan inti pendaki waktu naik gunung. Sebelum pergi, persediaan air mesti cukuplah sampai perjalanan pulang. Akan tetapi, untuk di Gunung Andong, Rekan Traveler tidak butuh sangat pusing untuk manajemen air. Masalahnya di dalam perjalanan pada pos dua serta puncak, pas di samping jalan akan didapati satu pancuran air jernih yang dapat digunakan untuk isi lagi. Walau tidak di puncaknya, kehadiran pancuran air ini begitu menolong.

Tektok bhs bagus beberapa pendaki gunung untuk naik serta turun gunung dalam sehari. Nah, Gunung Andong ini begitu pas untuk ‘Tektok’ sebab waktu tempuhnya cuma dua jam. Umumnya, pekerjaan itu dikerjakan oleh pendaki yang seringkali naik gunung. Beberapa pemula dapat juga, tetapi bila dapat. Akan tetapi, keindahan alam yang di tawarkan Andong begitu sayang bila di nikmati kurun waktu sesaat.

7. Harga Ticket yang Begitu Terjangkau

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Tempat Andong ada di Kecamatan Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang. Ada tiga jalan pendakian sah yakni lewat Dusun Sawit, Gogik, serta Pendem. Bila Rekan Traveler hadir dari arah Semarang, tujukan kendaraan ke arah ke Salatiga. Lalu belok kanan ke Kopeng dan ikuti jalan ke arah Pasar Ngablak. Sesudah itu, ada penunjuk arah ke kanan ke arah Basecamp. Jarak Basecamp dengan Pasar Ngablak seputar 2 km.

Bila dari Magelang, tujukan kendaraan ke arah Kopeng lewat Tegalrejo lalu sebelum Pasar Ngablak, ada penunjuk arah ke kiri ke arah Basecamp.

Beberapa pendaki diharuskan lapor terlebih dulu di Basecamp Taruna Jaya Giri bila lewat jalan Dusun Sawit. Tidak hanya menulis di buku data yang berisi daftar anggota pendakian, nomer telephone, serta alamat, juga membayar ticket masuk sebesar Rp5.000. Murah, kan?

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Buat kamu yang menyukai mendaki tentu saja akan tidak prima bila belumlah berkunjung ke gunung andong. Gunung yang tengah dengan hits ini adalah gunung type perisai dengan ketinggian 1.726 mdpl.

Gunung yang tidak mempunyai kegiatan vulkanik ini berada di Kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang. Gunung yang tengah populer-populernya di Instagram ini nyatanya mempunyai sangat banyak realitas menarik yang perlu kamu paham.kamu mengerti. Terpenting bila kamu memang seseorang pendaki sejati.

Gunung ini tetap ramai dengan pengunjung. Sehari-hari, ada-ada saja sekumpulan orang yang mendaki ke sini. Masalahnya gunung ini dapat disebutkan tidaklah terlalu ekstrim serta cukuplah aman dibanding dengan gunung yang lain. Ditambah lagi, cost ticket masuknya sangat murah yakni Rp 4.000/orang. Jadi tidak heran bila tempat wisata ini tidak sempat sepi pengunjung.

Letaknya yang berada di samping barat gunung Merbabu membuat gunung ini mempunyai panorama yang mengagumkan. Tidak cuma itu, Anda dapat juga nikmati keindahan landscape kota Salatiga serta Solo dari puncaknya.

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Gunung andong juga popular menjadi spot strategis untuk lihat keindahan sunrise serta sunset. Hal seperti ini tentunya jadi daya tarik buat beberapa pendaki yang benar-benar sangat suka berburu keindahan alam. Tidak kalah dengan gunung Telomoyo, gunung ini dapat menyediakan panorama alam yang begitu mengagumkan.

Perbedaannya, gunung Telomoyo telah mempunyai trek yang tak akan alami sebab telah jadikan menjadi tempat wisata. Berlainan dengan gunung ini yang masih tetap begitu alami. Trek yang dipunyai gunung ini hampir sama juga dengan gunung Merbabu, yang manakah mempunyai dua buah puncak dengan jalan yang ekstrim. Jalan ini diketahui dengan sebutan jalan punggung sapi “geger sapi”.

Trek yang akan kamu lalui waktu mendaki di gunung ini umumnya ialah rerumputan, meskipun ada pula beberapa spot di mana kamu akan berjalan di dalam rimba pinus. Sama dengan mendaki gunung yang lain, ada banyak hal yang butuh kamu kenali berkaitan dengan keadaan serta fakta-fakta apa mengenai gunung yang akan didaki. Di bawah ini ialah 10 realitas menarik yang harus kamu kenali sebelum mendaki ke sini.

8. Gunung Andong: Ramainya gan

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Sejak popular di sosial media, gunung ini alami penambahan jumlahnya pengunjung yang begitu siginifikan. Terpenting waktu hari-hari libur atau weekend, di mana beberapa orang yang mendadak ingin tahu dengan gunung ini.

Ditambah lagi buat mereka yang baru tahu jika gunung ini cuma mempunyai ketinggian 1.726 mdpl, jadi tidak heran bila mereka yang awal mulanya tidak senang pergi mendaki gunung mendadak menjadi mempunyai kemauan untuk mendaki. Jika kamu ingin mendaki waktu situasi agak sepi, jadi pilih hari kerja dari mulai Senin sampai Jum’at.

9. Pas untuk pemula

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Seperti yang sudah sempat disinggung, gunung ini cuma mempunyai ketinggian sampai 1.726 mdpl. Ukuran itu pasti termasuk pendek dibanding dengan gunung-gunung besar lainnya yang berada di Indonesia. Karena sangat pendeknya, kamu cuma membutuhkan waktu kira-kira 2 jam untuk dapat sampai puncak.

Diluar itu, kemiringan trek gunung ini dapat tidak demikian terjal atau sangat datar yakni seputar 45 derajat serta stabil. Dengan demikian, kamu dapat nikmati perjalanan lebih menyenangkan. Tidak cuma pas untuk pemula, gunung ini dapat juga jadikan tempat sangat baik buat pendaki profesional yang ingin melepas rindu untuk mendaki saat keadaan alam, fisik atau keuangan belumlah sangat mungkin untuk dapat mendaki gunung yang tambah lebih tinggi.

10. Hutan Rimba pinus yang indah

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Bila di gunung-gunung lainnya kamu umumnya berjumpa dengan rimba yang lebat, jadi di gunung ini kamu akan temukan rimba pohon pinus yang sangat cantik.Hutan ini dapat jadikan menjadi spot menarik untuk ambil photo. Gabungan pada tanah yang masih tetap berumput dengan rimba pinus yang lebat tentu saja akan membuat perjalanan kamu saat mendaki berasa lebih sejuk.Diluar itu, adapula sumber mata air pas ada dibagian tepi jalan pendakian. Di mana air mengalir itu dapat digunakan oleh beberapa pendaki yang ingin membuat tenda.

11. Trek yang menantang

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Walau mempunyai ketinggian yang biasa saja, trek yang perlu kamu lewati untuk mendaki gunung ini hampir sama juga dengan gunung yang lain yang penuh dengan bebatuan serta pijakan yang licin. Meski begitu, Anda tak perlu cemas sebab saat ini banyak beberapa penggemar alam yang dengan suka-rela memberi panduan pada pendaki lainnya dengan anak panah supaya bisa sampai puncak gunung.

Diluar itu, realitas lainnya mengenai gunung ini yang butuh kamu kenali ialah jalannya yang tipis serta melawan. Di trek geger sapi yang dilalui, kamu akan temukan jalan panduan yang bagian kanan kirinya dikelilingi jurang. Melalui jalan tipis ini, andrenalin kamu menjadi seseorang pendaki akan ditantang serta terpacu.

12. Panorama puncak yang menakjubkan

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Sesudah melalui tracking yang melawan dengan gigiran jalan yang tipis, sampailah kamu ke puncak paling tinggi. Dari atas, kamu akan lihat panorama alam yang unik serta mengagumkan. Ditambah lagi bila kamu berpeluang untuk nikmati panorama matahari keluar atau tenggelamnya, jadi pastinya kamu akan ketagihan untuk hadir kembali pada gunung ini. Mempunyai bentuk puncak yang lancip membuat gunung ini tampak mirip punukan sapi.

Hingga tidak heran bila gunung ini diketahui dengan sebutan andong. Dari atas puncak, kamu dapat juga rasakan terdapatnya kabut yang menyelimutinya hingga membuat situasi makin sejuk serta beri kesegaran. Kabut itu cuma akan melalui demikian saja, sesudah itu tunjukkan pemandangan alam yang asri serta terlihat begitu hijau.

13. Agar kecil, tetapi masih menantang

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Walau gunung ini mempunyai ukuran yang tidak demikian tinggi, gunung ini masih tawarkan sensasi mendaki yang dapat meningkatkan andrenalin. Hal seperti ini begitu dirasa oleh beberapa pendaki, baik yang masih tetap pemula sampai yang telah profesional sekalinya.

Oleh karenanya, kamu yang akan mendaki ke sini harus tetap lakukan persiapan fisik yang pas. Tidak hanya fisik, perihal yang butuh kamu buat persiapan ialah perlengkapan mendaki serta logistik saat perjalanan. Sebab meskipun kecil, pekerjaan mendaki di gunung ini begitu kuras tenaga.

14. Berseberangan dengan Gunung Merbabu

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Kamu tidak dapat mendaki ke gunung Merbabu sebab satu perihal? Jadi gunung ini dapat jadikan menjadi jalan keluar yang pas. Tidak hanya tidak kalah menarik, nyatanya gunung ini berdekatan persis dengan gunung Merbabu.

Bahkan juga bila lakukan pendakian pada malam hari, kamu akan lihat kilatan sinar lampu senter yang dipunyai pendaki lainnya di gunung Merbabu. Menarik kan? Dengan demikian, kamu yang tidak berpeluang untuk mendaki gunung Merbabu akan berasa tengah mendaki gunung yang sama walau sebetulnya gunung yang kamu naiki ialah gunung andong :D.

15. Di jalan pendakian, tidak ada shelter

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Berlainan dengan gunung lainnya yang telah ada shelter, di gunung ini kamu akan tidak temukan satupun shelter untuk bikin tenda. Tempat hanya satu yang dapat dipakai untuk membangun tenda ialah diatas puncak. Menjadi, buat kamu yang masih tetap pemula mesti betul-betul menyiapkan fisik serta mental yang sempurna supaya dapat sampai ke puncak.

16. Mempunyai 4 puncak

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Realitas menarik yang lain dari gunung ini ialah jika gunung ini mempunyai 4 puncak yang sama-sama berjejeran dengan rapi. Puncak andong berupa memanjang dari mulai arah barat sampai ke timur.Dari bentangan itu, kamu akan lihat beberapa titik yang dimaksud dengan puncak. Apabila dihitung, jumlahnya puncak yang dapat kamu jumpai di gunung ini ada sekitar 4 puncak.

Sangat barat, ada puncak Andong yang diketahui dengan nama puncak makam. Lantas dilanjuti dengan puncak Jiwa, Andong serta paling akhir puncak Alap-alap yang ada di bagian sangat timur. Puncak Andong ialah puncak yang tertinggi di antara semua puncak yang dipunyai gunung andong.

17. Sumber air serta warung di puncak

Keindahan Gunung Andong di Magelang
Keindahan Gunung Andong di Magelang

Waktu mendaki jadi kepentingan logistik serta air bukan jadi permasalahan. Bagaimana tidak? kamu dapat temukan sumber air yang dialiri lewat pipa-pipa, di mana air itu memang ditujukan untuk beberapa pendaki. Bahkan juga, kamu dapat juga temukan beberapa warung diatas puncak. Dengan demikian, perasaan lapar serta capek saat mendaki akan terbayarkan dengan nikmati makanan diatas puncak.

Itu beberapa argumen Gunung Andong pas untuk beberapa pendaki pemula. Pesonanya mempesona serta jalan pendeknya tidak demikian melelahkan. Bagaimana, tertarik untuk naik gunung ramah pendaki pemula ini kan?

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Magelang Yang Populer Untuk Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.