Tempat Wisata Kampung Ketandan Jogja

Posted on

Kampung Ketandan Jogja – Viralnya Kampung di Jogja ini jadi bukti bila pariwisata Indonesia tidak kalah dengan luar negeri. Cantiknya sama, bahkan juga dapat lebih spesial. Nah, silahkan kita kulit keindahan dari Kampung Ketandan yang viral beberapa waktu terakhir.

 

Kampung ini adalah satu diantara lokasi pecinan yang lumayan besar di Tanah Air. Riwayat tumbuhnya Kampung Ketandan ini berawal dari hijrahnya Kapiten Tan Djin Sing dari Kerdu ke Jogja. Seperti dikutip dari Tempo.co, kepindahnya itu berlangsung pada tahun 1803. Tan Djin Sing sendiri adalah figur yang cukup disegani.

Pada 18 September 1813, Tan Djin Sing ini diangkat jadi Bupati Nayoko oleh Sultan Hamengku Buwono III. Dia dikasih gelar spesial yaitu Kanjeng Raden Tumenggung Setjadiningrat. Aksi riwayat dari Tan Djin Sing ini jadikan kamping pecinan ini jadi popular, bahkan juga sampai sekarang.

Bukan sekedar riwayat tentang Tan Djin Sing saja yang membuat wisata di Jogja jadi semakin populer. Ada hal yang lain yang membuat obyek wisata di Jogja ini semakin popular. Tiap tahunnya diadakan Minggu Budaya Tionghoa serta telah masuk periode ke-14 untuk tahun 2019 ini.

Awalannya diselenggarakan pada tahun 2006 serta diisi festival kuliner serta menu ciri khas Tionghoa. Serta saat ini bukan sekedar kuliner saja, tetapi bagian budaya hingga beberapa pengunjung banyak yang datang.

Alamat Kampung Ketandan di Jogja

Kampung cantik ini ada di lokasi Malioboro, persisnya berada di Jl. Ahmad Yani atau bernama Jl. Margo Mulyo. Tempatnya tidak jauh dari Pasar Beringharjo, samping utara sekitaran 150 mtr. serta di selatan Kantong Gubernur DIY Kepatihan. Kampung ini masuk Kecamatan Gondoman, serta usianya telah beberapa ratus tahun semenjak Jogja ada.

Waktu masuk ke kampungnya, kamu akan lihat banyak bangunan dengan arsitektur China dengan pintu katu jati memiliki ukuran besar-besar. Bukan sekedar jadi rumah, sebab tempatnya memang jadi lokasi wisata, tempat tinggalnya jadi tempat usaha atau dagang mereka.

Benar-benar gampang temukan Gapura Pecinan Ketandan ini, sebab memiliki bentuk yang cantik serta ikonik. Oleh karena itu, khususnya buat Rekan Traveler yang berjalan-jalan di sekitaran Malioboro, janganlah lupa singgah ke Kampung Ketandan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.